Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Muhammad Ali Dimakamkan Jumat Dihadiri 15.000 Pelayat

Ali Farkhan Tsani - Kamis, 9 Juni 2016 - 19:47 WIB

Kamis, 9 Juni 2016 - 19:47 WIB

454 Views

A footbridge decorated with a memorial banner to Muhammad Ali in Louisville, Kentucky (AP)

Louisville, 4 Ramadhan 1437/9 Juni 2016 (MINA) – Muhammad Ali, petinju legendaris dunia yang meninggal Jumat (3/6) lalu di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, akan dimakamkan di kampung halamannya Louisville, Kentucky, besok Jumat (10/6).

Diperkirakan 15.000 pelayat akan menghadiri penghormatan terakhir untuk almarhum Muhammad Ali, yang akan dilangsungkan dengan prosesi agama Islam, demikian disebutkan Daily Mail, Kamis (9/6).

Anggota keluarga Ali mengatakan, jenazah disemayamkan di Freedom Hall di rumahnya Kota Louisville, Kentucky, di mana Ali membuat debut profesional dengan kemenangan atas Tunney Hunsaker pada tahun 1960.

Ali juga bertarung pada pertandingan tinju terakhirnya di Louisville di tempat tersebut, ketika mengalahkan Willi Besmanoff pada November 1961.

Baca Juga: Chili Ajukan Deklarasi Intervensi dalam Kasus Genosida Israel di ICJ

Sebuah jembatan dengan spanduk besar bertuliskan “In Remembrance of our Champhion Muhammad  Ali 1942-2016” menyambut iring-iringan jenazah Muhammad Ali di Louisville.

Bob Gunnell, juru bicara keluarga Ali, mengatakan, “Saya berterima kasih atas sambutan warga dan para pelayat. Ini acara bebas, terbuka untuk semua.”

Presiden AS Barack Obama dikabarkan tidak dapat menghadiri pemakaman itu karena pada saat yang bersamaan harus menghadiri wisuda SMA puterinya Malia, demikian keterangan pers pihak Gedung Putih.

Obama dan isterinya Michelle mengirimkan surat untuk dibaca pada hari pemakaman dan mengutus Penasihat Senior Gedung Putih Valerie Jarrett untuk mewakili presiden.

Baca Juga: Kamala Harris Dikecam karena Ulang Tuduhan “Hamas Lakukan Pemerkosaan”

Sebuah prosesi akan berlangsung melalui jalan-jalan sepanjang Louisville sebelum ke pemakaman keluarga di Cave Hill Cemetery.

Dua anak perempuan Ali, Rasheda dan Maryum, akan berbicara di pemakaman atas nama keluarga bersama dengan janda Ali, Lonnie. Tamu kehormatan mantan presiden AS Bill Clinton, aktor Amerika Billy Crystal dan puteri Malcolm X Attalah Shabazz, dijadwalkan juga memberikan menyampaikan kata-kata penghormatannya.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Raja Abdullah II dari Yordania yang sebelumnya diagendakan hadir, kemungkinan tidak dapat datang, juru bicara keluarga Ali mengatakan. Tetapi mereka diharapkan mengikut prosesi melalui live-streaming di internet.

Mantan juara tinju kelas berat dunia Lennox Lewis dan aktor Hollywood Will Smith, akan menjadi dua di antara para pengusung jenazah Ali. Lainnya adalah Jerry Ellis, saudara Jimmy Ellis, mantan sparing partner Ali, sepupu Ali John Grady dan Jan Wadell, Ibu keponakan Ali, kakak ipar Komawi Ali dan teman keluarga John Ramsey. (T/P4/R05)

Baca Juga: Perdana, Palestina Duduk Bareng Negara Anggota Majelis Umum PBB

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Breaking News
Breaking News
Palestina
MINA Preneur
Palestina
Internasional