Ribuan Warga Iringi Pemakaman Jenazah Istri Syaikh Yassin

Gaza, MINA – Ribuan warga pada Rabu (24/6), mengiringi jenazah Halima Yassin (Umm Muhammad), istri almarhum Syaikh Ahmed Yassin, pendiri Gerakan Perlawanan Hamas, ke .

Acara pemakaman Umm Muhammad (77 tahun), dari Rumah Sakit Asy-Syifa, sebelah barat Kota Gaza, ke rumahnya di lingkungan Al-Sabra, di selatan kota. Kemudian shalat jenazah di masjid kompleks setempat. Quds Press melaporkan.

Pemakaman juga dihadiri oleh para pemimpin gerakan Hamas, perwakilan faksi-faksi Palestina, serta ulama dan pejabat setempat.

Mahmoud al-Zahar, seorang anggota biro politik gerakan Hamas, dalam pidato sebelum shalat jenazah, menekankan bahwa Umm Muhammad adalah sosok wanita hebat yang sangat mendukung perjuangan suaminya, Syaikh Ahmed Yassin semasa hidupnya.

Baca Juga:  Ratusan Mahasiswa UI Berkumpul di Perkemahan Solidaritas Palestina

“Dia selalu berdiri tegar di samping Syaikh Yassin, yang menderita lumpuh total, dan dengan kesabarannya menanti selama penahanannya di penjara pendudukan, serta keteguhannya setelah kesyahidannya,” ujarnya.

Osama al-Muzaini, anggota biro politik Hamas yang juga saudara ipar Syaikh Yassin, menggambarkan Ummu Muhammad sebagai sosok sederhana dan hebat dalam hidupnya.

“Dia memberikan kenyamanan dalam perjuangan Syaikh Yassin, yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk perjuangan,” ujarnya.

Setelah shalat jenazah, sejumlah pasukan Hamas bertopeng dan orang-orang bersenjata membawa jenazah Ummu Muhammad, sebelum menguburnya di pemakaman Syaikh Radwan, di sebelah makam suaminya.

Ummu Muhammad memiliki 11 anak, 3 laki-laki dan 8 perempuan. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments are closed.