Muhasabah Akhir Tahun di Masjid Pusdai

dok foto: Aisyah/MINA

Bandung, MINA – Dalam rangka mengisi malam pergantian tahun, berbagai kegiatan mulai dari bazar, donor darah, tausiah, dan muhasabah digelar di Masjid , Bandung, Selasa (31/12).

Sejumlah ulama memberikan tausiahnya pada rangkaian acara , di antaranya KH Athian Ali, KH Sofyan Yahya, dan Ustaz Ucu Najmudin. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga menghadiri Muhasabah Akhir Tahun tersebut.

Salah satu pengurus Masjid Pusdai Deny Albar ketika dihubungi MINA mengatakan, adanya kegiatan ini menyadarkan bahwa dua jenis tahun yang dijadikan acuan manusia sedunia adalah tahun Syamsiyyah dan tahun hijriyah digulirkan oleh Allah sebagai salah satu nikmat.

“Harapannya momentum tahun baru menjadi ajang muhasabah massal atas amal perbuatan selama hidup. Menjadi sarana tandingan yang isinya jihad menyelihi tradisi kafir, ke masjid gak ada yang bawa terompet, petasan ataupun kembang api dan lain-lain. Di sini letak masalahnya,” katanya.

Menurutnya, ajang ta’lim dan talaqqi dengan alim ulama, dai-dai yang memiliki ragam pola, gaya dakwahnya menjadi bagian dari ilmu dakwah dan retorika.

“Menumbuhkan kesadaran berjamaah itu indah, walau mereka datang dari kota, provinsi, bahkan luar negeri mereka menyatu walau tak saling kenal satu sama lain,” katanya.

Lebih lanjut Deni mengatakan, kegiatan itu juga menjadi ajang ikhtiar bagi fuqoro, masakin atau juga yang belum pernah umroh/haji dapat kesempatan mendapat doorprize menjadi berkah tersendiri, sehingga menjadi daya tarik.

Adapun rangkaian acara Muhasabah Akhir Tahun antara lain, pemeriksan mata gratis, donor darah, bekam gratis, pangkas rambut gratis, talkshow, Penyuluhan kesehatan Lansia, bazar kuliner serta acara puncaknya yaitu tausyiah Muhasabah Akhir Tahun di malam hari. (L/Ais/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)