Muktamar Parmusi ke IV Ditunda

Jakarta, MINA –  Pengurus Pusat Persaudaraan Muslimin Indonesia () memutuskan menunda pelaksanaan ke IV yang rencananya akan berlangsung pada 27-29 Maret di Jakarta karena penyebaran virus corona atau Covid-19 yang massif.

Ditundanya Muktamar IV Parmusi atas dasar seruan tertulis Gubernur DKI Jakarta nomor 4 Tahun 2020 tanggal 18 Maret 2020 terkait dengan pengumpulan masa.

“Memutuskan menunda pelaksanaan Muktamar IV Parmusi dalam waktu ditentukan,” demikian pernyataan yang ditandatangani Ketua Umum Parmusi Usamah Hisyam dan Sekjen Parmusi Abdurahman Syagaff. Demikian keterangan pers diterima di Jakarta, Senin (23/3).

Untuk membahas penundaaan tersebut, Parmusi akan menyelenggarakan Mukernas ke-IV dengan menggunakan teleconference.

Parmusi memahami realitas virus corona ini merupakan ujian bagi umat dan harus dijadikan pembelajaran terbaik bagi Parmusi untuk melaksanakan dakwah Ilallah sebaik-baiknya.

Karena itu PP Parmusi meminta kepada seluruh kader terutama Dai Parmusi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar dalam menghadapi wabah ini, lebih meningkatkan iman dan taqwa, senantiasa berdoa dan dzikir serta bertawakkal kepada Allah.

Sehubungan dengan penundaan waktu pelaksanaan Muktamar, PP Parmusi menginstruksikan kepada pengurus wilayah dan daerah untuk segera mengagendakan pelaksanaan rekomendasi hasil Mukernas V Parmusi.

Yakni menyangkut tentang realisasi program rekruitmen satu Kecamatan 5 (lima) Dai Parmusi yang diharapkan menjadi penopang pelaksanaan program nasional Parmusi yaitu Gerakan Dakwah Ilallah dan Dauroh Da’i Desa Madani Parmusi.

Program ini merupakan pengembangan manhaj dakwah Parmusi dalam bidang Pemberdayaan Sosial, Ekonomi dan Pendidikan Parmusi.

Mukernas IV Parmusi mengamanatkan kepada Pengurus Wilayah dan Daerah yang belum dan sedang merencanakan pembentukan Pilot Project Desa Madani, untuk segera berikutnya.

Pertama, membentuk dan menetapkan lokasi-lokasi yang akan menjadi Desa Madani dibawah binaan dan supervisi Parmusi. diharapkan paling tidak setiap satu Pengurus Daerah membina Satu Desa Madani,

Kedua, bagi PW atau PD Parmusi yang telah memiliki Pilot Project Desa Madani khususnya pengembangan sektor ekonomi, dimohon untuk berkoordinasi dengan Parmusi Bisnis Center guna persiapan untuk pengajuan Pembiayaan dari PT Permodalan Nasional Madani (Persero) yang dalam waktu dekat MOU akan segera ditandatangani.

Ketiga, PW dan PD Parmusi tetap merekrut para dai untuk diikutsertakan dalam Daurah Dai Desa Madani baik yang dilaksanakan oleh Wilayah maupun Pusat. (L/R3/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.