MUSEUM SUMPAH PEMUDA, PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE-87

Foto: Memperingati Hari Sumpah Pemuda di Museum sumpah pemuada, Jakarta (Wido/MINA)
Foto: Memperingati di sumpah pemuada, (Wido/MINA)

Jakarta, 15 Muharram 1437/28 Oktober 2015 (MINA) – Museum sumpah pemuda memperingati hari sumpah pemuda ke-87 yang jatuh pada Rabu, (28/10), di gelar setiap tahunnya.

Kegiatan ini berlangsung dengan serangkaian acara mulai dari upacara peringatan, menamampilkan film animasi bersejarah dan launching buku tentang pahlawan nasional. Peringatan hari sumpah pemuda ini dihadiri para siswa serta bebarapa petinggi negara,tokoh nasional seperti istri Sultan Hanungku Bowono ke-10  kanjeng Gusti Ratu Kemas, Fadli Zon selaku wakil ketua DPR RI.

Endang Pristiwa Ningsih selaku bimbingan edukator museum sumpah pemuda Jakarta, mengatakan peringatan hari sumpah pemuda diadakan setiap tahun untuk memperkenalkan kepada pemuda Indonesia untuk terus melakukan hal-hal yang positif  dan menarik pengunjung untuk datang dalam memperingati hari sumpah pemuda.

“Para pemuda Indonesia pada 87 tahun sebelumnyya bertekad untuk membela Indonesia. Pemuda Indonesia seharusnya tidak ada kelompok dalam tawuran, karena para pemuda zaman dahulu memajukan persatuan dan kesatuan penuh perjuangan,“ kata Endang.

Persatuan dan Kesatuan Republik Indonesia sangat penting, pada tahun 45 Republik Indonesia meraih Kemerdekaan Indonesia yang telah banyak diperjuangkan oleh pemuda Indonesia pada masa itu.  Melalui pengringatan sumpah pemuda ini yang akan mengubah para pemuda Indonesia. Pemuda 87 tahun lalu mampu memperebutkan dan membuktikan kepada Indonesia bahwa generasi Indonesia di tanggung oleh para pemudanya.

Fadli Zon selaku Wakil Ketua DPR RI mengatakan, tujuan kemerdekaan adalah mempersatukan Indonesia dalam mengatasi suatu masalah perlu diagnosa terhadap masalah yang sedang terjadi.

“Bagaimana cara menyelesaikan masalah di Indonesia saat ini seperti api yang sulit  dipadamkan. Peristiwa kabut asap yang melanda Indonesia sebenarnya bukan hanya tugas pemerintah tapi tugas masyarakat khususnya pemuda Indonesia,” tambahnya.

Peringatan hari sumpah pemuda berlangsung sangat ramai sehingga peringatan  hari sumpah pemuda ini memberikan apresiasi yang cukup baik.

Salah satu tamu undangan dalam acara tersebut memaparkan pendapatnya bahwa acara peringatan hari sumpah pemuda yang di laksanakan di museum sumpah pemuda, Jakarta Pusat sangat baik. Tujuan acara ini, akan membentuk generasi yang lebih baik dan memperkenalkan pahlawan yang hingga saat ini banyak yang belum dikenal masyarakat.(L/Wdo/hna/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0