MUSLIM HARUS FOKUS DAKWAH DAN DAGANG

Valentino Dinsi

Valentino DinsiJakarta, 12 Rajab 1435/11 Mei 2014 (MINA) – Motivator wirausaha Indonesia terkemuka, Valentino Dinsi menyatakan, umat Islam harus fokus dengan dan dagang agar mampu bersaing dengan umat lain di dunia.

“Ekonomi dan peradaban dunia saat ini masih dipegang oleh umat non Muslim. Oleh karenanya, jika ingin bisa bersaing sejajar dengan mereka, umat Islam harus fokus dengan dakwah untuk menguatkan akidah dan dagang untuk menguatkan ekonomi,” kata Valentino dalam kajian wirausaha di Jakarta, Ahad.

Lulusan Master Business of Administration dari Jakarta Institute itu juga mengatakan tahun 2013, kekayaan Indonesia mampu menghasilkan Rp. 8,1 ribu triliun, namun hal itu hanya dikuasai oleh 40 pengusaha saja.

Ia juga mengatakan, “membangun jaringan antar sesama muslim harus digalakkan agar arus perputaran ekonomi mampu kita kuasai. Umat Islam punya potensi luar biasa besar. Sumber daya alamnya juga melimpah. Jadi kita pasti mampu bersaing,” papar penulis buku “ Jangan Mau Seumur Hidup Jadi Orang Gajian” itu.

Ia menegaskan, untuk menjadi pengusaha Muslim, perlu didorong faktor-faktor pendukungnya, di antaranya dengan pendidikan yang baik, lingkungan yang mendukung dan peran orang tua yang menjadi contoh bagi anak-anaknya.

Dalam kiprahnya di dunia bisnis, Valentino Dinsi mendirikan rumah wirausaha sebagai sebuah “One Stop Entrepreneur Service” (memberikan pelayanan tentang kewirausahaan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Program rumah wirausaha itu antara lain memberikan pelatihan, pendampingan, modal usaha bergulir, promosi produk dan jasa, serta penyediaan informasi dan data base produk bisnis UMKM.

Tujuan menciptakan ‘Satu Keluarga Satu Pengusaha’ sehingga terbentuk keluarga dan masyarakat Indonesia yang maju, mandiri, dan sejahtera.

Valentino mengatakan, peringkat ekonomi Indonesia tahun ini berada di bawah sembilan negara, yakni Amerika Serikat, Cina, India, Jepang, Jerman, Rusia, Brasil, Prancis, dan Inggris. Hal ini merupakan kabar gembira sekaligus tantangan bagi Muslim Indonesia.

Namun, jalan Indonesia untuk menjadi negara maju masih panjang. Masih banyak permasalahan yang harus kita atasi, dari kasus korupsi hingga ekonomi rakyat.

Rumah wirausaha adalah sebuah “one stop entrepreneur service” yang memberikan pelayanan tentang  entrepreneur sebagai sebuah total solution bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) seperti memberikan: pelatihan bisnis praktis untuk UMKM, pendampingan bisnis, promosi produk & jasa serta hal lainnya berkaitan dengan bisnis.(L/P04/P015/IR)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Admin

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0