Muslim Kota Troy, Michigan, Dipersulit Adakan Masjid  

Michigan, MINA – Komunitas muslim yang tergabung dalam Adam Community Center berupaya mengadakan masjid di Kota Troy, Michigan, Amerika Serikat, namun  mengalami kesulitan karena terbentur sikap pemerintah kota;

Komunitas itu menuduh para pejabat Kota Troy berulang kali menghambat upaya mereka membuka tempat beribadah dengan dalih .melanggar peraturan  penggunaan   dalam tata ruang kota itu,

“Pejabat kota bahkan mendesak agar mencari lahan di kota-kota lainnya di dekatnya guna mencari lokasi yang tepat untuk dijadikan masjid,” kata organisasi yang biasa disebut Adam itu, demikian dikutip dari Voice of America (VOA), Rabu (2/10).

Namun, Departemen Kehakiman AS mendukung Komunitas Adam yang menggugat Pemerintah Kota Troy karena menghambat rencana proyek masjid itu.

Gugatan hukum tersebut diajukan pada pertengahan September lalu berdasarkan RLUIPA, sebuah undang-undang federal yang melindungi rumah-rumah ibadah dari regulasi penggunaan lahan yang diskriminatif.

Hal itu merupakan bagian dari prakarsa Departemen Kehakiman pada tahun 2018 untuk mengintensifkan penegakan undang-undang itu.

Komunitas Adam sendiri telah berupaya mencari tempat untuk membangun masjid di Troy sejak 2013.

Organisasi ini telah memiliki properti sendiri, sebuah bekas restoran dan balai pertemuan, yang ingin diubah menjadi masjid dan pusat kegiatan muslim. (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.