MUSLIM PRANCIS BOIKOT ACARA YAHUDI

Ketua Dewan Perwakilan Yahudi (Crif), Roger Cukierman (kanan). (Foto: On Islam)
Ketua Dewan Perwakilan Yahudi (Crif), Roger Cukierman (kanan). (Foto: On Islam)

Paris, 6 Jumadil Awwal 1436/25 Februari 2015 (MINA) – Para pemimpin Perancis memboikot makan malam yang diselenggarakan kelompok Yahudi yang paling menonjol di negara itu pada Selasa, 24 Februari sebagai reaksi terhadap pemimpinnya menuduh pemuda Muslim menjadi sumber dari segala kejahatan kekerasan.

“Semua kekerasan, dan kita harus mengatakan ini, semua tindakan kekerasan saat ini dilakukan oleh pemuda Muslim,” kata Roger Cukierman, Ketua Dewan Perwakilan Yahudi (Crif) kepada salah satu stasiun radio Perancis, Europe 1.

Pernyataan Cukierman itu keluar beberapa jam sebelum Presiden Perancis, Francois Hollande berpidato dalam acara makan malam tahunan CRIF yang biasanya dihadiri pemimpin semua agama serta politisi, On Islam melaporkan dan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Cekcok ini menghidupkan kembali ketegangan di negara yang merupakan rumah bagi komunitas Muslim dan Yahudi terbesar di Eropa. Padahal hanya beberapa pekan lalu, para politisi Perancis menyerukan semangat persatuan nasional menyusul penyerangan di Charlie Hebdo dan swalayan Yahudi yang menewaskan 17 orang pada Januari lalu.

“Kita perlu mengatakan ini dengan jelas: semua kekerasan saat ini dilakukan oleh pemuda Muslim,” kata Roger Cukierman di radio Europe 1. “Tentu saja, itu adalah minoritas kecil dari komunitas Muslim dan Muslim adalah korban pertama.”

Cukierman ditanya apakah partai sayap kanan Front Nasional bertanggung tanggung jawab atas tindakan anti-Semit.  “Saya berpikir bahwa kita warga Yahudi menyadari bahwa di balik (pemimpin Front Nasional) Marine Le Pen—yang tak bisa disalahkan secara pribadi—ada mereka yang menolak Holocaust,” katanya.

Boikot

Organisasi payung Muslim CFCM mengutuk komentar Cukierman dalam sebuah pernyataan dan menyatakan komentar itu tidak bertanggung jawab dan tidak dapat diterima serta mengatakan aka memboycot makan malam yang diselenggarakan oleh CRIF.

“Saya tidak berpikir Cukierman adalah seseorang yang akan memberikan kontribusi untuk kita semua agar bisa hidup bersama dengan damai,” kata Abdallah Zekri, kepala departemen CFCM yang melacak insiden Islamophobia, kepada televisi Perancis BFMTV.

Cukierman mengatakan kepada media Perancis kemudian bahwa ia kecewa bahwa CFCM tidak akan hadir, meskipun ia tidak menjawab komentar sebelumnya. (T/P011/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: bahron

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0