Menpora: Laga Uji Coba Timnas Jadi Momentum Bagus

Jakarta, MINA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, pertandingan uji coba Timnas Indonesia U-23 kontra PS Tira Persikabo menjadi momentum bagus serta kebangkitan sepak bola nasional.

Sebab, laga uji coba tersebut menjadi pertandingan resmi sepak bola pertama Indonesia pada masa pandemi Covid-19.

Demikian dikatakan Menpora Amali saat menjadi narasumber webinar yang diselenggarakan Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI) yang bertemakan: Kompetisi Sepak Bola Ditengah Pandemi Covid-19 secara virtual, Sabtu (6/3) malam.

“Ini adalah momentum yang sangat bagus. Alhamdulillah, apa yang kita saksikan semalam tidak ada insiden apa-apa. Ternyata apa yang dikhawatirkan berbagai pihak (tidak terjadi), tidak ada kerumunan. Penerapan protokol kesehatan dijalankan,” kata Menpora.

Ia menyampaikan, laga uji coba Timnas Indonesia U-23 ini merupakan bagian dari simulasi menjelang turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Penerapan protokol kesehatan yang diterapkan dalam uji coba itu nantinya akan dipraktikkan pada turnamen.

“Sebelum Piala Menpora, kita simulasi seperti uji coba. Alhamdulillah pertandingan semalam berjalan lancar. Saya jam 17.00 WIB sudah hadir di lapangan. Saya cek langsung bagaimana penerapan protokol kesehatannya, Saya lihat betul bus parkir di mana, kamar gantinya. Kemudian hal-hal kecil juga saya perhatikan, pemain yang setelah minum harus langsung dibereskan (saat pertandingan), dan lain-lain,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menpora juga memuji suporter yang tidak datang ke stadion. Bahkan, suporter ikut dalam mengkampanyekan nonton dari rumah. Melihat hal tersebut, Menpora optimis turnamen pramusim nanti bisa berjalan dengan baik.

“Suporter tetap menunjukkan kreativitasnya memberi edukasi. Sekali lagi, ini momentum kebangkitan sepak bola kita. Kalau ada masalah, kita duduk. Jangan berpolemik, kita sama-sama cari jalan keluar. Momentum bagus ini, jadi kita lihat nanti uji coba berikutnya, apakah tertib seperti semalam,” ucap Menpora.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 berhasil menang 2-0 saat melawan PS Tira Persikabo dalam laga uji coba yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jumat (5/3) lalu.

Dua gol kemenangan skuat Garuda Muda dicetak Kadek Agung pada menit ke-45 dan Muhammad Rafli menit 49.

Timnas Indonesia U-23 sendiri masih mempunyai satu agenda uji coba lagi pada Ahad (7/3) malam. Adam Alis dkk akan berhadapan dengan Bali United. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)