Tiba di Jerman, Timnas Indonesia U-17 Jalani TC dan Laga Uji Coba

Timnas Indonesia U-17 ke Jerman, jalani TC dan laga ujicoba. (Foto: Instagram/Timnas Indonesia)

Jakarta, MINA – sudah tiba di Jerman untuk menjalani (TC) dan sejumlah , Selasa (19/9).

Mereka akan bersiap menyambut 2023 yang akan bergulir di Tanah Air pada 10 November-2 Desember mendatang.

Pasukan Bima Sakti itu akan berada di Jerman hingga 23 Oktober mendatang. Dua klub Jerman, Borussia Muenchengladbach dan Borussia Dortmund, menjadi tuan rumah.

Program TC kali ini merupakan hasil kolaborasi antara Bundesliga Internasional (DFL) dan . Dua organisasi ini menandatangani nota kesepahaman (MoU) pada Juni lalu.

Selama pemusatan latihan, timnas U-17 dijadwalkan menjalani enam pertandingan uji coba melawan berbagai tim usia muda di Bundesliga. Harapannya bisa meningkatkan skill pemain dan mematangkan taktikal.

Selama di Jerman, timnas Indonesia U-17 akan didampingi Frank Wortmuth. Dia adalah mantan pemain Bundesliga dan pelatih, yang saat ini menjadi konsultan PSSI.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berharap timnas U-17 dapat menimba ilmu selama di Jerman. Inilah kesempatan emas bagi para pemain muda, supaya hisa menggali potensinya.

“Program pelatnas di Jerman akan menjadi bagian penting dalam persiapan tim menuju persaingan tinggi di level FIFA U-17 di mana ada negara-negara kuat di sepak bola dengan para pemain berbakat,” katanya.

“Kami berterima kasih kepada komunitas Bundesliga serta kedua klub besar, yakni Borusia Muenchengladbach dan Dortmund atas keterlibatan yang tinggi dalam persiapan tim Merah Putih,” imbuh Erik Thohir.

Menurutnya, ini salah satu bentuk kolaborasi positif dalam mempererat hubungan antara Liga Sepak bola Jerman (DFL) dan PSSI. Indonesia butuh dukungan dan bimbingan dari sepak bola Jerman supaya ke depan lebih berprestasi.

“Kami gembira karena tim U-17 Indonesia tak hanya akan mendapat pelatihan teknis, taktik, dan strategi, tetapi akan merasakan pula atmosfir kompetisi Bundesliga yang ketat,” ucapnya.

“Saya berharap program ini meninggalkan legacy kuat bagi para pemain muda Indonesia karena telah menjadi bagian dari program akademi sepak bola muda Jerman yang telah melahirkan bintang-bintang dunia,” lanjut pria yang juga Menteri BUMN itu.

Timnas Indonesia U-17 membawa 28 pemain ke Jerman, nantinya ada tambahan dua pemain diaspora atau keturunan yang dipantau langsung oleh Frank Wortmuth.

Pada Piala Dunia U-17 2023, Indonesia menempati Grup A bersama dengan Ekuador, Maroko dan Panama. Skuat Garuda Asia akan memulai perjalanan mereka melawan Ekuador pada 10 November.

Drawing atau undian pembagian grup Piala Dunia U-17 2023 telah digelar di Zurich, Swiss, Jumat (16/9) pukul 21.00 WIB. Piala Dunia U-17 akan digelar di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang.

Pelaksanaan Piala Dunia U-17 akan digelar di empat stadion yaitu Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Stadion Jalak Harupat Bandung, dan Stadion Manahan Solo. (R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.