Nadiem Berdialog dengan Mahasiswa Baru UNISA: Jangan Hanya Belajar di Kampus

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim (foto: BKHM Kemendikbudristek RI)

Yogyakarta, MINA – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim melakukan dialog interaktif dengan mahasiswa baru Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) di Yogyakarta, Senin (18/9).

Pada kesempatan itu, Nadiem berpesan kepada para mahasiswa baru agar tidak hanya belajar di dalam kampus saja, namun bisa dari berbagai aktivitas lain di luar.

“Pesan saya, mahasiswa baiknya jangan cuma belajar di kampus saja namun terlibatlah dalam berbagai aktivitas yang mengasah kepemimpinan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial,” tutur Mendikbudristek dalam acara Dialog dengan Mas Menteri pada Program Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru UNISA Yogyakarta Tahun Akademik 2023/2024.

Acara tersebut mengangkat tema “Generasi Harapan untuk Indonesia Berkemajuan”.

Baca Juga:  Jelang Kemarau, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Panas

Nadiem menyampaikan, Kemendikbudristek berkomitmen dalam pemberian akses pendidikan tinggi yang merata, berkualitas, dan berkesinambungan.

Ivonea Renha dos Santos Soares dari prodi Ilmu Komunikasi asal Timor Leste bertanya perihal tips sukses seorang Nadiem Makarim.

Mendikbudristek menyampaikan bahwa untuk meraih kesuksesan, seseorang harus mengidentifikasi minat dan bakatnya sesuai dengan hati nurani. “Kesuksesan harus didefinisikan kalian masing-masing. Jangan pakai kriteria orang lain, nanti sengsara,” ujarnya.

“Tips pertama, ini saatnya untuk mulai jadi orang dewasa. Mulai memisahkan ekspektasi orang lain, ikuti kata hati. Kedua, tidak ada kesuksesan tanpa keberanian mengambil resiko. Keluar lah dari zona nyaman, lakukan hal-hal sulit dan baru. Ketiga, gunakan kemerdekaan dalam memilih kesempatan-kesempatan baik yang semakin banyak,” jelasnya.

Baca Juga:  7 Mei Seluruh Kampus Muhammadiyah Gelar Aksi Bela Palestina

Perwakilan mahasiswa yang bernama Gladi dari Prodi Bioteknologi UNISA, bertanya bagaimana caranya untuk bisa mengasah ilmu yang didapat di kampus selama masa perkuliahan.

“Kamu bisa masuk ke platform MBKM, di sana mahasiswa bisa langsung memilih program yang diminati. Namun jika kamu ingin mencoba pembelajaran di luar prodi untuk melengkapi keahlian yang menunjang cita-cita kamu, itupun bisa. Selain itu, kamu juga bisa proaktif datang ke prodi di kampus mengajukan gagasan program MBKM mandiri sesuai dengan kondisi kampus,” jawab Mendikbudristek seraya mengatakan, rumpun ilmu Bioteknologi saat ini sedang marak dan berdampak luar biasa pada berbagai macam sektor kehidupan.

Dalam kunjungannya ke Yogyakarta, Menteri Nadiem juga bersilaturahmi dengan pimpinan . Silaturahmi tersebut dimaksudkan untuk menjalin kolaborasi yang lebih erat, di samping juga menyampaikan capaian dan terobosan Merdeka Belajar yang didukung Muhammadiyah.

Baca Juga:  Indonesia Jadi Runner-up Piala Uber 2024

Pertemuan dihadiri oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, Sekretaris PP Muhammadiyah, Sayuti, dan Ketua Bidang Perguruan Tinggi PP Muhammadiyah, Irwan Akib. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.