Nadiem: Tahun 2021 Sekitar 19.000 Desa Belum Memiliki Satuan PAUD

Jakarta, MINA- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, tahun 2021 yang lalu tercatat sekitar 19.000 desa belum memiliki satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Khususnya kalau berbicara tentang PAUD perlu disadari bahwa tugas kita banyak dan besar sekali tantangannya. Berdasarkan Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) tahun 2021 masih ada sekitar 19.000 desa yang belum memiliki satuan PAUD,” katanya saat Seminar Nasional Kepala Desa pada Kamis (24/2) bertema “Menuju Pendidikan Desa Berkualitas, Melalui Penyelenggaraan di Desa” secara virtual.

Ia menegaskan PAUD memiliki peran yang sangat krusial dalam menentukan generasi penerus bangsa.

“Usia PAUD atau usia 0-6 tahun dikenal sebagai usia emas. Karena kerentangan usia tersebut adalah periode perkembangan manusia yang sangat cepat. Baik dari segi fisik maupun kognitif, rasa, sosial, emosional, sampai dengan moralitas,” tambahnya.

Menuju PAUD berkualitas Kemendikbudristek bersama dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Dalam Negeri mendorong kualitas penyelenggaraan pendidikan di desa, sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan desa.

“Saya ingin anak Indonesia memiliki kesempatan yang sama mendapatkan pendidikan usia dini yang bermutu,” ujarnya.

Pentingnya PAUD ditegaskan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Halim Iskandar, Kementerian Desa dan PDTT telah mengadopsi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di tingkat global, menjadi SDGs di tingkat Desa dan mencanangkan “Pendidikan Desa Berkualitas.”

“Pendidikan yang berkualitas, yang tersedia di lingkungan desa, juga harus dapat dinikmati oleh seluruh anak usia dini Indonesia yang tersebar di sekitar 80.000 desa di seluruh nusantara,” tegasnya.

Hadirnya layanan PAUD yang berkualitas di setiap desa, ditegaskan oleh kedua menteri, sangat dipengaruhi oleh kepala desa, lurah, dan aparatur desa lainnya yang merupakan garda depan pembangunan daerah. Para kepala desa yang hadir hari ini diharapkan dapat meneruskan program-program pemerintah kepada seluruh masyarakat, demi mewujudkan pendidikan berkualitas di desa.

Giat pembangunan PAUD di desa perlu meliputi pengembangan kapasitas guru dan pendidik, pengelolaan insentif guru dan pendidik, implementasi program Pemberian Makanan Tambahan untuk mencegah stunting, serta pembangunan sarana dan prasarana PAUD.

Seminar ini juga mengingatkan para kepala desa bahwa penting untuk memiliki PAUD yang berkualitas di setiap desa. Melalui seminar ini para peserta dijelaskan kembali tentang elemen-elemen PAUD Berkualitas, yaitu kualitas proses pembelajaran, adanya kemitraan dengan orang tua, terdapatnya dukungan terhadap layanan esensial di luar layanan pendidikan, serta adanya kepemimpinan dan pengelolaan sumber daya yang baik.(L/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: sajadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.