Negara-negara Arab Sampaikan Belasungkawa ke Turkiye dan Suriah

Dubai, MINA – Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyatakan solidaritas dan simpatinya kepada Suriah dan Turkiye setelah gempa mengguncang kedua negara di sepanjang perbatasan mereka, Senin dini hari (6/2/2023).

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian mengatakan Arab Saudi memantau dengan cermat situasi di daerah yang dilanda bencana. Arab News melaporkan.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan, menawarkan dukungan Kerajaan, sementara juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban dan berharap yang terluka cepat sembuh.

Kedutaan Saudi di Turkiye mengatakan, pihaknya belum menerima laporan tentang warga Saudi yang terkena dampak bencana tersebut.

Pihaknya menindaklanjuti dengan pihak berwenang Turki untuk memastikan bahwa tidak ada warga di daerah yang terkena dampak.

Sementara itu, Presiden UEA Mohamed bin Zayed Al Nahyan juga melakukan panggilan telepon kepada Presiden Bashar Assad dari Suriah dan Presiden Erdogan.

Dia menyampaikan belasungkawa kepada kedua presiden dan warga kedua negara, dan menawarkan untuk memberikan bantuan.

Emir Kuwait, Nawaf Al-Sabah dalam sepucuk surat kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan menyampaikan belasungkawa kepada Presiden dan keluarga para korban, berharap pemulihan yang cepat bagi yang terluka.

Kementerian Luar Negeri Mesir juga menyampaikan belasungkawa dan solidaritasnya kepada Turkiye dan Suriah dalam sebuah pernyataan, menegaskan kesiapannya untuk memberikan bantuan.

Demikian pula, Kementerian Luar Negeri Palestina juga menyampaikan belasungkawa kepada Turkiye dan Suriah.

Organisasi Kerjasama Islam (OKI) juga menyampaikan belasungkawa kepada Turkiye dan Suriah atas gempa mematikan yang menewaskan ribuan orang di kedua negara.

Sekretaris Jenderal OKI Hissein Brahim Taha meminta Negara Anggota OLC dan lembaga terkait untuk berkontribusi dalam upaya penyelamatan. (T/RS2/R2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.