Netanyahu Akan Bertemu Menlu AS di Lisbon

Foto: Kobi Gideon/Anadolu Agency

Washington, MINA – Departemen Luar Negeri Amerika Serikat pada Selasa (3/12) mengatakan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akan bertemu Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pekan ini di Lisbon.

“Pompeo akan berada di Lisbon pada Rabu-Kamis (4-5/12). Ia juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Portugis Antonio Costa serta Menteri Luar Negeri Augusto Santos Silva,” kata Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan. Tidak disebutkan pada hari mana Netanyahu dan Pompeo akan bertemu, demikian MEMO melaporkan.

Pembicaraan Menlu AS yang diatur tergesa-gesa dengan sekutu terdekat Israel, dapat juga bertujuan untuk mendukung Netanyahu yang gagal membentuk kabinet baru, demikian juga saingannya,

Politik Israel berantakan setelah pemilihan umum yang tidak meyakinkan pada April, September dan kegagalan Netanyahu dan penantang utamanya Benny Gantz, untuk mengamankan mayoritas yang berkuasa di legislatif. Netanyahu juga menghadapi dakwaan korupsi, tuduhan yang dia bantah.

Bulan lalu, Netanyahu memuji Pompeo karena pengumuman pelunakan posisi lama AS di permukiman Israel di Tepi Barat yang diduduki. Pompeo menyatakan, Washington tidak lagi menganggap permukiman Yahudi sebagai pelanggaran hukum internasional, suatu perubahan kebijakan yang mendapat kecaman dari para pemimpin Palestina dan Arab. (T/HD/Ais/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)