Nuim Khaiyath: Islam Pembawa Kedamaian

Melbourne, MINA – Ustadz Nuim Khaiyath dalam khutbah Idul Adha pada Ahad (11/8) di Aula Konsulat Jendral Republik Indonesia, Queens Street, Melbourne, Australia mengatakan, tidak ada satu pun agama di dunia yang diberi nama langsung oleh Allah SWT, kecuali Islam. Islam sendiri dari kata Salam, artinya keselamatan, kedamaian.

Nuim yang juga merupakan wartawan senior dan kini menjadi salah satu pengisi tetap Rasio Silaturahim (Rasil) itu menegaskan, Perilaku di luar itu, bukan ajaran agama Islam.

Dalam khutbahnya, ustdz Nuim juga mengutip khutbah saat Rasulullah menunaikan ibadah haji, yang menurutnya berisi konsep dasar hak asasi manusia.

Hal Ini sejalan dengan seorang professor yang mengajar di Monash Australia, dalam sebuah bukunya tentang Islam, Sang professor menggarisbawahi khutbah Rasulullah itu sebagai konsep awal tentang HAM.

Ustad Nuim juga menjelaskan, tidak hanya kepada sesama manusia, ajaran Rasulullah juga mencakup konsep kasih sayang kepada seluruh mahkluk hidup.

Ia menceritakan kisah ketika Nabi saat bertemu seseorang yang sedang menuntun keledai. Hewan itu hendak diberi tanda di wajahnya dengan besi panas. Rasulullah mengingatkan supaya tanda seperti itu jangan di wajah keledai, sebaiknya di pantatnya saja. Peristiwa itu lebih seribu empat ratus tahun lalu. Secara universal kita semua mengikuti itu.

“Sekarang perhatikan sapi-sapi dalam film Amerika. Cap sebagai penanda diletakkan di pantat sapi,” katanya.

Mahmud Nuim Khaiyath merupakan seorang penyiar senior kelahiran Medan, yang saat ini menjadi kepala Siaran Berita di Radio Australia dan berdomisili di negara kangguru.(R/Ast/p2)

Mi’raj News Agency (MINA)