OBAMA PERINTAHKAN SERANG “IS”

Presiden Amerika Serikat Barack Obama (Gambar: Reuters)
Presiden Amerika Serikat Barack Obama (Gambar: Reuters)

Washington, 12 Syawwal 1435/8 Agustus 2014 (MINA) – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengumumkan Kamis malam (7/8) bahwa ia telah memerintahkan “serangan udara bertarget” terhadap kelompok militan Negara Islam (Islamic State-IS) di Irak.

Ia mengatakan IS kini telah mendekati kota Erbil, di mana beberapa diplomat dan personil militer Amerika berada, Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat .

“Untuk menghentikan kemajuan IS di Erbil, saya telah mengarahkan militer AS untuk mengadakan serangan yang ditujukan terhadap konvoi teroris IS yang bergerak menuju kota,” kata Obama dalam pengumuman prime-time di sela program jaringan TV.

Obama mengatakan, AS berencana hanya akan melakukan serangan udara, dan tidak akan “terseret ke pertempuran perang lain di Irak”. Ia menambahkan, tindakan itu dimaksudkan untuk menyelamatkan rakyat minoritas Irak yang mungkin menghadapi genosida.

Seorang diplomat di markas besar PBB di New York mengatakan kepada Anadolu bahwa Dewan Keamanan sedang melakukan negosiasi resolusi untuk menjatuhkan sanksi terhadap IS dan kelompok bersenjata lainnya.

Duta Besar Irak untuk PBB, Muhamed Ali Alhakim, mengatakan kepada Anadolu bahwa negaranya bekerja sama dengan AS untuk mengembangkan pendekatan yang tepat untuk krisis di negerinya.

“Jika kami membutuhkan intervensi militer, itu sebagian besar akan dilakukan dari udara,” kata Alhakim.

Ia mengatakan Irak sedang berbicara dengan 15 negara anggota Dewan Keamanan PBB untuk membangun konsensus bagi resolusi yang diusulkan Inggris mengenai IS yang katanya akan diadopsi dalam beberapa hari m”endatang. (T/P09/IR)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://aa.com.tr/en/headline/370414–un-security-council-unanimous-slams-islamic-state

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Comments: 0