Olimpiade Tokyo 2020: Indonesia Kirim 20 Wakil

Tokyo, MINA – Jumlah atlet kontingen Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020 dipastikan bertambah menjadi 20 wakil.

Kepastian penambahan wakil tanah air pada Olimpiade Tokyo 2020 itu datang setelah pengumuman dari Asosiasi Selancar Internasional (ISA) yang meloloskan seorang lagi atlet Indonesia. Demikian dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Selasa (8/6).

Peselancar Indonesia, Rio Waida mendapat tiket realokasi untuk wakil Asia dari ajang ISA World Surfing Games 2019 di Miyasaki, Jepang.

Atlet teratas dari empat kontinental (Asia, Eropa, Afrika, dan Oceania) pada ajang tersebut berhak lolos secara langsung ke Olimpiade Tokyo 2020.

Rio Waida menggantikan tempat peselancar Jepang, Shin Murakami.

Keputusan ini diambil setelah Murakami juga berpeluang untuk lolos dari pencapaiannya pada ISA World Surfing Games 2021 di El Salvador pada pekan ini.

Sementara posisinya diberikan kepada Waida, Murakami justru belum bisa bernapas lega dengan peluangnya tampil pada Olimpiade Tokyo 2020.

Sebab, Murakami harus bersaing dengan rekan senegaranya, Hiroto Ohhara untuk mendapatkan lima tiket dari ISA WSG 2021.

Murakami dan Ohhara akan saling mengalahkan untuk menemani rekan senegara, Kanoa Igarashi yang lolos dari jalur peringkat World Surf League Championship Tour 2019.

Sebagai informasi, setiap negara hanya diperkenankan mengirim dua atlet dari setiap nomor, tak terkecuali bagi negara tuan rumah.

Selancar menjadi cabang olahraga yang pertama kali akan dilombakan (debutan) pada Olimpiade di Tokyo nanti.

Cabor selancar pada Olimpiade Tokyo 2020 memperlombakan atlet putra dan putri, yang menurut rencana akan dilangsungkan di Pantai Shidashita pada Olimpade akhir Juli 2021 mendatang. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)