Oposisi Suriah Dukungan Turki Serang Desa Kurdi di Kobane

Kota di Suriah Utara. (Foto: AFP/BULENT KILIC)

Kobane, Suriah, 26 Ramadhan 1438/21 Juni 2017 (MINA) – Kelompok yang didukung Turki pada hari Selasa (20/6) melancarkan sebuah serangan di sebuah desa di distrik Kobane, utara Suriah.

Pemberontak yang berbasis di Aleppo Utara menembaki desa Shuyukh di Kobane dengan tembakan mortir.

“Desa itu dilanda puluhan peluru mortir, ditembak oleh kelompok Islam yang didukung Turki yang berbasis di sekitar kota Jarablus,” kata seorang aktivis media setempat kepada ARA News di Kobane yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pengeboman tersebut menyebabkan sejumlah korban luka di kalangan warga sipil dan menyebabkan penghancuran beberapa rumah di desa.

“Serangan hari ini merupakan upaya lain oleh teroris pro-Erdogan untuk menyerang keamanan di distrik Kobane dan menargetkan orang Kurdi yang telah membebaskan daerah tersebut dari ISIS,” kata Bave Zana, seorang penduduk dari desa Shuyukh.

Kota Kobane dan ratusan desa di pedesaannya berada di bawah kendali Unit Perlindungan Rakyat (YPG) Kurdi selama lebih dari dua tahun setelah dibebaskan dari kendali ISIS pada Januari 2015.

Kobane dibebaskan oleh YPG setelah lebih dari empat bulan melakukan operasi militer melawan ISIS. YPG menerima dukungan udara dan dukungan material dari koalisi pimpinan Amerika Serikat dan diperkuat oleh pasukan Peshmerga Kurdistan Irak. (T/RI-1/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.