Otoritas Penerbangan Saudi Bantah Kenaikan Harga Tiket

Riyadh, MINA – Otoritas Umum Penerbangan Sipil Arab Saudi (GACA) membantah ada kenaikan harga tiket, seiring akan dibukanya penerbangan pesawat .

Juru bicara GACA, Ibrahim Alrosa, mengatakan bahwa rumor tentang kenaikan 80 persen harga penerbangan domestik adalah palsu. Arab News melaporkan, Kamis (28/5).

Otoritas berencana untuk mengoperasikan 60 penerbangan domestik mulai Ahad (31/5), setelah pemerintah Saudi mengumumkan rencana tiga fase, yang mengarah ke kembalinya kehidupan normal di Kerajaan dalam waktu kurang dari sebulan.

“Berdasarkan apa yang diajukan oleh otoritas kesehatan yang kompeten di Kerajaan mengenai pengembalian beberapa kegiatan penting, sesuai dengan kontrol kesehatan dan tindakan pencegahan yang diambil untuk memerangi virus corona, GACA mengumumkan penerbitan persetujuan untuk dimulainya kembali penerbangan domestik dimulai pada hari Ahad, 31 Mei 2020, oleh maskapai penerbangan nasional,” kata pernyataan resmi.

Pihak berwenang mengatakan bahwa mereka telah menyelesaikan persiapan operasionalnya secara bertahap mengangkat penangguhan penerbangan domestik untuk memastikan perjalanan yang aman bagi para pelancong melalui bandara Saudi.

GACA mengatakan akan bekerja dalam koordinasi dengan bandara, maskapai penerbangan dan perusahaan yang beroperasi di sektor penerbangan sipil untuk memenuhi permintaan di pasar lokal.

Dimulainya kembali penerbangan domestik akan secara bertahap untuk mencakup semua tujuan lokal dalam waktu dua pekan ke depan.

Tahap pertama meliputi pengoperasian 11 bandara di seluruh Kerajaan: Bandara Internasional King Khalid di Riyadh, Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah, Bandara Internasional King Fahd di Dammam, Bandara Internasional Prince Mohammed bin Abdul Aziz di Madinah, Prince Nayef bin Abdul Aziz Bandara Internasional di Qassim, Bandara Internasional Abha, Bandara Internasional Prince Sultan bin Abdul Aziz di Tabuk, Bandara Internasional Raja Abdullah bin Abdul Aziz di Jazan, Bandara Internasional Hail, Bandara King Saud di Al Bahah dan Bandara Najran.

Arab Saudi menangguhkan penerbangan internasional mulai 15 Maret dan penerbangan domestik mulai 21 Maret sebagai tanggapan terhadap penyebaran COVID-19.

Namun, ada pengecualian untuk penerbangan yang terkait dengan kasus-kasus kemanusiaan dan darurat, pesawat evakuasi medis dan penerbangan pribadi, di samping pemulangan warga yang terlantar yang ingin kembali ke rumah serta penerbangan dari inisiatif untuk ekspatriat yang ingin kembali ke negara mereka.

Semua penerbangan internasional tetap ditangguhkan hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Kasus Corona di Saudi menckup 78.541 terinfeksi, 51.022 sembuh dan 425 meninggal. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.