Pakistan: UEA Setuju Tingkatkan Bantuan Keuangan Menjadi 3 Miliar Dolar

Pertemuan Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif dengan Presiden UEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan. (Foto: dok. Arab Business)

Islamabad, MINA – Pemerintah mengatakan Uni Emirat Arab (UEA) telah setuju untuk meningkatkan bantuan keuangannya ke Pakistan menjadi $3 miliar, sebuah langkah kunci untuk meningkatkan cadangan devisa bagi negara Asia Selatan yang terguncang di bawah krisis ekonomi.

Presiden UEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan setuju untuk memberikan $1 miliar dalam pinjaman baru dan memperpanjang pinjaman yang ada sebesar $2 miliar, setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif, Pemerintah mengatakan dalam sebuah pernyataan Kamis (12/1).

Bantuan UEA datang dua hari setelah Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mengumumkan sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan simpanan di bank sentral Pakistan menjadi $5 miliar, Arabian Business melaporkannya.

Awal pekan ini, Pakistan juga menerima komitmen bantuan lebih dari $10 miliar setelah banjir yang menggenangi sepertiga wilayah negara dan memotong pertumbuhannya hingga setengahnya.

Perekonomian negara itu telah kekurangan dana setelah kebuntuan dengan IMF atas target pajak menunda pencairan cicilan pinjaman. (T/RI-1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)