Pakistan Umumkan Keadaan Darurat Nasional Belalang

Ilustrasi: Belalang gurun. (Foto: AP)

Islamabad, MINA – Perdana Menteri telah mengumumkan keadaan darurat nasional di negara itu karena serangan besar-besaran.

Serangan ini telah menghancurkan seluruh ladang tanaman di provinsi Punjab, Pakistan. Menurut laporan, negara membutuhkan Rs 730 crore untuk mengatasi krisis ini.

PM Pakistan memutuskan setelah pertemuan dengan para ahli dan departemen terkait. PM Pakistan menyetujui Rencana Aksi Nasional untuk mengatasi masalah ini. Pemerintah menugaskan berbagai tugas kepada Otoritas Manajemen Bencana Nasional (NDMA), demikian jagranjosh.com melaporkan.

Pakistan menyaksikan serangan belalang terburuk di provinsi Punjab. Ini pertama kali diserang pada Maret 2019 yang menghancurkan lebih dari 900.000 hektar lahan di wilayah Punjab Selatan, Khyber, dan Sindh. Menurut laporan berita Pakistan, tanaman dan pohon bernilai jutaan rupee telah rusak.

Sebelumnya, negara Afrika Somalia menjadi negara pertama yang mengumumkan keadaan darurat nasional karena serangan ham belalang yang jumlahnya sangat besar.

Menurut laporan PBB, Somalia dan Ethiopia menyaksikan serangan belalang terbesar dalam 25 tahun. Namun, Kenya, negara tetangga, belum melihat ancaman belalang dalam 70 tahun. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.