Pameran Zaman Keemasan Islam Diadakan di Hyderabad, India

Hyderabad, MINA – Pameran “Zaman Keemasan Islam” diadakan oleh Springfield Educational Society di Majestic Gardens, Tolichowki, Hyberabad, Sabtu-Ahad (21-22 Januari 2023).

Pameran bertujuan mengungkap kembali warisan intelektual yang terjadi selama ‘Zaman Keemasan Islam’ antara abad ke-8 dan ke-14 M. New Indian Express melaporkan.

Pameran dua hari memamerkan warisan penemuan dan inovasi Muslim, dengan menampilkan model-model inovatif, artefak, dan presentasi mencerahkan mahasiswa Pendidikan Springfield, dengan topik ‘Do It Yourself’.

Ada berbagai stan yang berkaitan dengan sains, matematika, bahasa, seni, dan arsitektur, menyoroti banyak inovasi dan penemuan yang dibuat selama abad ke-8 dan ke-14 oleh penemu Muslim.

Ditampilkan seperti Garden of Fields karya Hyder Ali, dan berbagai model air mancur yang ditemukan oleh Musa bersaudara dari Banu Suriah.

Baca Juga:  Prancis Minta Israel Hentikan Operasi Militernya di Rafah

Ada juga jam gajah (model jam air) yang ditemukan oleh insinyur Islam abad pertengahan Ismail al-Jazari, dan jendela kaca patri yang indah oleh Abbas ibn Firnas.

Pameran tersebut juga untuk mengangkat kembali warisan yang telah dibayangi oleh budaya Eurosentris.

Sejauh ini, 25 sekolah telah mengunjungi pameran tersebut, dan diprediksi akan lebih banyak lagi.

Pameran diresmikan oleh tamu utama Ashgar Hussain, mantan Presiden UNESCO, dan MA Lateef Atear, kepala akademik Masyarakat Institusi Pendidikan Perumahan Minoritas Telangana.

Dalam sambutan peresmian, Asghar Hussain mengatakan, “Ini adalah pameran pertama tentang Ilmuwan Muslim. Akan ada upaya berkelanjutan untuk berimprovisasi lebih banyak lagi pameran semacam itu di seluruh dunia.” (T/RS2/P1)

Baca Juga:  Kolombia Minta ICC Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Netanyahu

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf