Para Aktivis Palestina Serukan Seluruh Warga Hadir di Al-Aqsa Kamis Malam untuk Cegah Pawai Pemukim

Para Aktivis Palestina pada Rabu malam (25/1) menyerukan seluruh warga untuk hadir di Gerbang Damaskus, salah satu intu masuk Masjid Al-Aqsa, Yerusalem yang diduduki untuk mencegah pawai para pemukim ekstrimis di Kompleks Masjid Al-Aqsa pada Kamis malam. (Photo: Istimewa)

Yerusalem, MINA – Para Aktivis Palestina pada Rabu malam (25/1) menyerukan seluruh warga untuk hadir di Gerbang Damaskus, salah satu intu masuk Masjid Al-Aqsa, Yerusalem yang diduduki untuk mencegah pawai para pemukim ekstrimis di Kompleks Masjid Al-Aqsa pada Kamis (26/1) malam.

Seruan terseut datang setelah para pemukim mengumumkan niat mereka untuk mengadakan pawai di Gerbang Damaskus besok, PIC melaporkan.

Beberapa hari yang lalu, Kota Tua Yerusalem dan gerbang Masjid Al-Aqsa terjadi yang meliputi tarian, ritual Talmud, dan pengibaran bendera pendudukan Israel.

Pemukim juga buang air kecil dan menyeka kotoran mereka di dinding daerah Bab Al-Amoud, di depan mata tentara pendudukan.

Dengan meningkatnya pelanggaran pemukim di Yerusalem yang diduduki, tokoh-tokoh Yerusalem memperingatkan agar tidak melakukan lebih banyak ritual Talmud di dalam Masjid Al-Aqsa yang diberkahi.

Peneliti urusan Yerusalem, Ziyad Al-Hamouri memperingatkan bahwa pendudukan berupaya memasukkan menorah ke halaman Masjid Al-Aqsa.

“Pendudukan bertujuan untuk membangun kuil yang diduga di Masjid Al-Aqsa, dan untuk mengusir warga Yerusalem, mengusir mereka dari kota Yerusalem,” kata Hamouri.

Dia menunjukkan bahwa kebijakan kriminal pemerintah pendudukan masih berlaku terhadap Masjid Al-Aqsa, sebagai tantangan dan pelanggaran besar terhadap kesucian Islam.

Selama beberapa hari terakhir, tentara pendudukan sengaja menyerbu Mushala Al-Qibli di Masjid Al-Aqsa, bertepatan dengan penyerbuan pemukim terhadap halaman Masjid yang diberkahi.

Para pemukim melakukan ritual sujud lantai-lantai Al-Aqsa, dan dengan bebas mengibarkan bendera pendudukan di halaman masjid. (T/R12/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.