Partai Buruh Israel Bergabung dengan Pemerintahan Koalisi

Yerusalem, MINA – Pemimpin Partai Biru dan Putih Israel Benny Gantz dan Pemimpin Partai Buruh Amir Peretz pada Jumat (25/4) menandatangani kesepakatan untuk bergabung dengan koalisi yang juga terdiri dari Partai Likud yang dipimpin Benyamin Netanyahu.

Koalisi ini akan membentuk pemerintah baru Israel dengan Netanyahu sebagai Perdana Menteri.

Menurut perjanjian tersebut, dua wakil Parta Buruh yakni Peretz akan menjabat sebagai Menteri Ekonomi dan Industri dan MK Itzik Shmuli akan menjadi Menteri Kesejahteraan pemerintah yang akan dibentuk, Times of Israel melaporkan.

Selain itu, Peretz akan menjadi anggota kabinet keamanan dan Shmuli akan menjadi anggota komite menteri untuk legislasi.

Partisipasi Partai Buruh dalam pemerintah Israel merupakan pertama kalinya sejak 2013. Namun, anggota partai Buruh Merav Michaeli menolak untuk bergabung dengan koalisi.

Michaeli dalam sebuah artikel yang ditulisnya di Haaretz menggambarkan partisipasi partai Buruh dalam pemerintahan sebagai “bunuh diri terakhir”.

Pada 2015, Partai Buruh memiliki 19 kursi, tapi terus anjlok dalam tiga pemilu terakhir. Pada pemilu April 2019 hanya mendapatkan enam kursi, kemudian dalam pemilu September 2019 hanya lima kursi, dan turun lagi hanya dapat tiga kursi di pemilu terakhir. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments are closed.