Pasca-banjir, Sejumlah Ruas Jalan di Jakarta Sudah Bisa Dilewati

Underpass Mampang-Kuningan (Foto: PPID Jakarta)

Jakarta, MINA – Setelah sebelumnya digenangi air, sejumlah ruas jalan di Jakarta sudah mulai surut dan bisa dilewati oleh kendaraan bermotor pada Rabu (1/1) siang, seperti di Jalan Kamal Raya arah Cengkareng, Jakarta Barat dan Underpass Kuningan-Mampang, Jakarta Selatan.

Pantauan beritajakarta.id, puluhan petugas pasukan biru bidang Aliran Barat Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta beserta satu unit mobil pompa bergerak cepat untuk menangani banjir di ruas Jalan Kamal Raya arah Cengkareng atau persisnya perempatan Menceng di kolong jalan tol JORR.

Ketinggian air yang menggenangi Jalan Raya Kamal Raya Cengkareng sejak subuh sekitar satu meter. Namun, menjelang siang air berangsur surut sekitar 60 hingga 70 sentimeter.

Satu unit mobil pompa berkapasitas 500 liter per detik juga dikerahkan untuk membantu penyedotan banjir di ruas Jalan Raya Kamal menuju Cengkareng. Beberapa petugas silih berganti mengangkut sampah dari dalam Kali BCT Cengkareng agar tidak tersedot ke dalam mesin pompa mobile yang terus bekerja.

Sementara itu, Dinas Bina Marga DKI Jakarta melakukan penanganan cepat genangan setinggi sekitar 40 sentimeter di Underpass Kuningan-Mampang, Jakarta Selatan. Saat ini, genangan sudah surut dan bisa kembali dilintasi kendaraan.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, genangan timbul karena tingginya volume air Kali Krukut. Sehingga, tidak dapat lagi menampung air dari saluran.

“Air di underpass dipompa naik ke atas ke saluran yang menuju Kali Krukut. Tapi, Kali Krukut melimpas, air dari saluran tidak bisa turun ke kali,” ujarnya, saat meninjau penanganan genangan di Underpass Kuningan-Mampang. (R/Sj/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Zaenal Muttaqin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.