Pasca Penyelenggaraan Haji, Saudi Daur Ulang Pakaian Ihram Jamaah

Para petugas Pusat Pengelolaan Sampah Nasional Arab Saudi mengumpulkan kain ihram yang ditinggalkan oleh para jamaah di tenda-tenda atau penginapan mereka di akhir musim haji. (MWAN/Twitter/tangkapan layar)

Mekkah, MINA – Pusat Pengelolaan Sampah Nasional (MWAN) Arab Saudi meluncurkan proyek daur ulang jamaah haji yang telah digunakan tahun ini.

Seperti dikutip dari Saudi Gazette, Jumat (12/8), proyek daur ulang itu bertujuan agar pakaian tidak dibuang sembarang dan dapat digunakan kembali oleh jamaah lain.

Menurut MWAN, para jamaah pun turut berpartisipasi dalam proyek itu dengan menyerahkan pakaian ihramnya setelah menyelesaikan rangkaian ibadah haji.

MWAN mengunggah sebuah video melalui akun resmi Twitternya yang menjelaskan mekanisme untuk mendaur ulang pakaian ihram yang mereka kumpulkan dari kamp-kamp jamaah diakhir pelaksanaan ibadah haji.

Setelah mengumpulkannya, tim MWAN menyortir pakaian ihram, mensterilisasi, mencuci, meletakkannya di tas transparan dan kemudian memperbaiki bagian-bagian yang rusak agar bisa digunakan lagi.

MWAN, dalam penyelenggaraan haji tahun ini juga ikut ambil bagian dalam mengingatkan para jamaah tentang untuk bertingkah laku positif, termasuk melestarikan lingkungan dengan tidak membuang pakaian ihram sembarangan. (T/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.