DD Targetkan Tebar 30.000 Hewan Kurban 2019

Jakarta, MINA — Lebaran telah berlalu, dalam menyongsong semangat masyarakat Indonesia untuk berkurban, Dompet Dhuafa () meluncurkan tema “JanganTakutBerkurban sebagai wujud kebersinambungan” dari tema JanganTakutBerbagi.

Dalam hal ini, DD Semangat tersebut akan terus digelorakan untuk memberikan edukasi hingga mengajak masyarakat agar Jangan Takut Berbagi dan Berkurban, melalui program Tebar Hewan Kurban (THK) DD tahun ini , Kamis (20/6), Jakarta.

Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa Yuli Pujihardi mengatakan, sebelumnya pada pelaksanaan kurban 2018, DD mendapat amanah kurban 18.558 ekor setara doka (Domba Kambing), dengan pencapaian penerima manfaat lebih dari satu juta jiwa, demikian rilis Dompet Dhuafa yang diterima MINA.

Selama bergulir, THK telah menyebarkan kurban sebanyak 237.520 ekor, sementara untuk penerima manfaat sebanyak 4.911.208 kepala keluarga dengan sebaran hingga 34 Provinsi di Indonesia.

Tambah Yuli, termasuk lebih dari 15 negara konflik seperti Palestina, Somalia, Filipina, Myanmar, Bangladesh, Bosnia, Pakistan, Libanon, Libya, Timor Leste, dan lain-lain.

“Semangat kali ini membawa target capaian Kurban di kisaran angka 30.000 ekor hewan kurban dan pendistribusian dagingnya menjangkau daerah-daerah pelosok, marginal, terluar dan termasuk wilayah terdampak bencana seperti Palu, Lombok, Banten, Samarinda dan Konawe. Melalui pendekatan pemberdayaan peternak lokal yang mandiri dan sudah melewati tahapan seleksi, serta pendampingan oleh tim program DD. Tujuannya agar masyarakat yang lebih membutuhkan dapat merasakan lezatnya daging kurban di hari raya lduI Adha dan juga mengangkat keberdayaan peternak lokal,” ujarnya.

Ia menjelaskan, DD pada tahun ini memberikan kemudahan bagi pekurban melalui kanal-kanal layanan berkurban di antaranya, melalui kanal perbankan, QR Code, payment online, kerja sama dengan e-commerce, Jemput kurban, serta sekitar 75 konter dan gerai THK DD di wilayah Jabodetabek, termasuk juga jaringan cabang Dompet Dhuafa di seluruh Indonesia.

Pendistribusian yang meluas hingga pelosok Indonesia dan negara-negara yang tengah mengalami konflik kemanusiaan seperti Palestina, Bangladesh, Myanmar, Filipina, Timor Leste, Somalia dan Sudan akan menjadi prioritas lembaga dalam penyaluran tahun ini.

Ia menerangkan, pengadaan Hewan Kurban THK harus memenuhi standar dan mutu kualitas. Termasuk juga pengendalian dan pengontrolan mutu hewan kurban THK oleh Tim QC Dompet Dhuafa.

Alhamdulillah di Ramadhan 1440 H melalui semangat ‘jangantakutberzakat’, DD mendapatkan ribuan aliran amanah dari para donatur dan masyarakat Indonesia.

“Peningkatan penghimpunan tahun ini, DD mencapai Rp. 96 Milyar, mencatatkan penerima manfaat sebanyak 350.000 jiwa, merasakan berkahnya Ramadhan 1440 H,” paparnya.

Berkembangnya dunia digital juga menjadi fenomena tersendiri. Platform e-commerce, (R/Gun/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.