Paus Francis: Perlakuan terhadap Masyarakat Adat Kanada adalah Genosida

Pertemuan Paus Francis dengan masyarakat adat Indian di Nunavut, utara Kanada, Ahad, 24 Juli 2022. (AA)

Vatikan, MINA – Perlakuan terhadap masyarakat adat di adalah “genosida,” kata Francis dalam perjalanan pulang setelah kunjungan enam hari ke Kanada.

“Saya meminta pengampunan, pengampunan untuk operasi genosida ini,” kata Paus kepada wartawan dalam penerbangan kembali dari Kanada, Vatikan News melaporkan, Sabtu (30/7).

Dikutip dari Anadolu Agency, Paus mengutuk tindakan “mengambil anak-anak, mengubah budaya, mengubah mentalitas, mengubah tradisi, mengubah ras, dan seluruh aspek.”

Dia dengan tegas membela pernyataannya: “Benar, ya, ya, itu genosida. Anda semua bisa tenang (tentang ini). Anda dapat mengatakan bahwa saya mengatakan bahwa itu adalah genosida.”

Dia juga membahas masalah pengunduran diri dari kepausan, yang berulang kali didorong oleh pertanyaan wartawan. Ia menegaskan, dia tidak berniat mengundurkan diri untuk saat ini meskipun dia mempertimbangkan kemungkinan itu.

Paus Francis berangkat pulang pada hari Jumat (29/7) setelah menyelesaikan tujuannya meminta maaf atas peran Gereja Katolik di sekolah-sekolah perumahan Kanada yang terkenal.

Dia mengakhiri kunjungan enam hari ini dengan perjalanan ke Iqaluit, ibu kota wilayah Nunavut Kanada. Ini adalah rumah bagi 28.000 masyarakat adat Inuit, meskipun wilayah tersebut merupakan sekitar 21% dari negara terbesar kedua di dunia itu.

Ini adalah pertama kalinya seorang paus mengunjungi Nunavut – sebuah kota kecil di utara Kanada.

Francis berbicara dengan anak-anak Inuit, orang tua, dan penyintas sekolah tempat tinggal.

Tiga masyarakat adat Kanada – Metis, First Nations dan Inuit – memiliki sekitar 150.000 anak-anak mereka dibawa pergi mulai tahun 1820-an dan dipaksa masuk ke sekolah-sekolah perumahan Indian yang terkenal kejam.

Sekitar 60% sekolah dijalankan oleh ordo Katolik. Sekolah-sekolah yang didanai negara kadang-kadang membuat anak-anak mengalami pelecehan seksual, fisik, dan psikologis, diperkirakan 6.000 orang meninggal.

Setelah bertahun-tahun mendesak, dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menambahkan suaranya dalam seruan itu, Paus meminta maaf kepada perwakilan Pribumi yang tiba di Roma pada bulan Maret.

Seruan itu kembali digaungkan agar Paus meminta maaf lagi langsung di tanah Kanada di mana kekejaman terjadi. Francis mengindahkan panggilan itu. Ia tiba di Kanada pada 24 Juli untuk apa yang dia sebut “ziarah pertobatan” dan mengeluarkan permintaan maaf kepada ketiga kelompok Pribumi.

Permohonan maaf itu adalah untuk mendamaikan masyarakat adat dengan Gereja Katolik. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.