PD Pasar Jaya Raih Sertifikat ISO 9001:2015

Jakarta, MINA – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemprov DKI Jakarta yang mengelola pasar rakyat, mendapatkan sertifikat Quality Management System dari PT SUCOFINDO.

Selain PD Pasar Jaya, dua pasar tradisional yang dikelolanya, yaitu Pasar Mayestik di Jakarta Selatan dan Pasar Glodok di Jakarta Barat juga meraih ISO 9001:2015 dari PT SUCOFINDO. Sertifikat ISO 9001:2015 diserahkan langsung oleh Direktur Utama PT SUCOFINDO, Mas Wigrantoro kepada Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin, demikian dalam keterangan tertulis yang diterima MINA pada Selasa (28/12).

Seperti halnya ijazah, sertifikat ISO akan ditentukan kualitasnya pascaperolehan sertifikat. Peraih ISO harus melaksanakan hal-hal yang sudah tercantum dalam standard operating procedure (SOP) dan hal-hal yang semestinya dilaksanakan. Penerima sertifikat ISO harus mengamalkan ketaatan, ketertiban, dan konsistensi dalam menjaga kualitas yang sudah tercantum dalam sertifikat tersebut.

Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, sertifkat ISO ini menjadi hadiah bagi PD Pasar Jaya yang baru saja merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55.

“Kami berharap pasar-pasar tradisional lainnya di Provinsi DKI Jakarta dapat meraih sertifikat ISO seperti halnya Pasar Mayestik dan Pasar Glodok,” ujar Arief.

“Pasar Mayestik bisa menjadi contoh untuk pasar tradisional lainnya. Saat ini pedagang di pasar tradisional sudah teredukasi dengan baik, sehingga tidak sulit untuk mengubah habit [kebiasaan] untuk disiplin, tertib secara konsisten, sehingga bisa mempertahankan ISO 9001:2015. Kami mengucapkan terima kasih kepada PT SUCOFINDO telah memberikan sertifikat ISO kepada kami. Kami terus meningkatkan manajemen mutu dan kualitas melalui sertifikasi. Salah satunya adalah ISO 9001:2015,” tambahnya.

Sementara Direktur Utama PT SUCOFINDO, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi, menyampaikan selamat kepada PD Pasar Jaya, Pasar Mayestik, dan Pasar Glodok yang mampu meraih ISO 9001:2015.

“PD Pasar Jaya telah mempersiapkan dalam waktu 1 tahun terakhir sehingga akhirnya mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015. Persiapan yang telah dilakukan PD Pasar Jaya menjadi pondasi dalam pengelolaan pasar tradisional secara baik ke depannya. Ini merupakan bentuk transformasi yang terjadi di PD Pasar Jaya, dalam hal ini Pasar Mayestik dan Pasar Glodok,” ujar Mas Wigrantoro.

Ia mengatakan, tantangan pasar tradisional dinilai akan terus berubah ke depan seperti halnya transaksi oleh konsumen bisa dilakukan dari rumah melalui teknologi digital. Kemudian kegiatan generasi milenial yang akan mendominasi kegiatan ekonomi juga harus disesuaikan oleh PD Pasar Jaya, sehingga ini menjadi peluang kolaborasi antara SUCOFINDO dan PD Pasar Jaya yang telah terjalin sejak 2014. (R/R7/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.