Pekan Ke-37 Warga Israel Protes Netanyahu

Tel Aviv, MINA – Puluhan ribu warga Israel berdemonstrasi pada Ahad malam (17/9) memprotes pemerintah Benjamin Netanyahu atas rancangan perubahan peradilan.

Protes turun ke jalan di Jalan Rothschild 16 Tel Aviv, diikuti oleh para demonstran lain yang diangkut dengan bus dari Jalan Kaplan ke Bandara Ben Gurion. Quds Press melaporkan.

Hebrew Channel 13 menyebutkan aksi demonstrasi menentang “reformasi peradilan” pemerintahan Netanyahu, di pusat kota Tel Aviv.

Para pemimpin protes meminta para demonstran yang menentang reformasi peradilan untuk datang ke Bandara Ben Gurion, untuk menunjukkan penolakan terhadap kepergian Netanyahu ke Amerika Serikat.

Netanyahu dijadwalkan bertemu Biden untuk membahas “nilai-nilai demokrasi bersama dan visi untuk kawasan yang lebih stabil dan sejahtera.”

Baca Juga:  Ratusan Mahasiswa UI Berkumpul di Perkemahan Solidaritas Palestina

Pada tanggal 24 Juli, Parlemen pendudukan Israel (Knesset) melakukan pemungutan suara, dalam pembacaan kedua dan ketiga, mengenai rancangan undang-undang yang menghapus “argumen kewajaran.” Voting ini menjadikannya undang-undang yang efektif, meskipun ada banyak keberatan dari dalam negeri.

Undang-undang tersebut akan mencegah pengadilan Israel, termasuk Mahkamah Agung, menerapkan apa yang dikenal sebagai “standar kewajaran” terhadap keputusan yang dibuat oleh pejabat terpilih.

Undang-undang untuk menghapuskan argumen kewajaran adalah satu dari delapan rancangan undang-undang yang diusulkan oleh pemerintah Israel sebagai bagian dari rencananya untuk melemahkan sistem peradilan. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.