Pelukis Suriah Gelar Pameran Tunggal di Istanbul

Istanbul, MINA – Pameran tunggal seorang pelukis berkeangsaan Suriah, Ibrahim al-Hasan,  bertajuk “Masa Kecil di Pinggir Jalan” yang menampilkan 20 lukisan, digelar di Independent Arts Foundation, distrik Fatih, Istanbul.

Al-Hasan yang tinggal selama empat tahun mengungkapkan bahwa karya-karyanya berfokus pada anak-anak  yang paling rentan terhadap dampak perang, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Rabu (7/11).

“Selama anak-anak ini tumbuh, kita semua bertanggungjawab agar mereka memperoleh pendidikan dan masing-masing dari kita harus melakukan sesuatu,” tutur seniman itu.

“Semua perang harus berakhir sekarang,” tegas dia. Saat ini di Turki terdapat 620.000 orang anak-anak pengungsi Suriah usia sekolah yang terdaftar di sekolah-sekolah setempat.

Saat pembukaan pameran, Hulya Yazici – pendiri dan ketua Independent Arts Foundation – memuji al-Hasan sebagai seniman penting yang telah memperkaya Turki.

Pameran itu  dibuka tanggal 5 hingga 25 November.

Suriah masih didera perang saudara sejak tahun 2011. Sejak itu, ratusan ribu jiwa tewas dalam konflik dan jutaan lainnya mengungsi.

Turki menampung sekitar 3,5 juta pengungsi Suriah, lebih banyak dari negara lainnya di dunia.(T/RS3/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Bahron Ansori

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.