Pemotongan Dana Rumah Sakit di Al-Quds Ancam Nyawa Pasien Palestina

Pada pandangan pertama di rumah sakit Augusta Victoria, tampak seperti pusat layanan kesehatan pada umumnya. Rumah sakit yang melayani orang Palestina itu terletak di sisi selatan Bukit Zaitun di Al-Quds (Yerusalem Timur).

Pasien dan dokter berlarian, sementara keluarga pasien cenderung kepada keluarga mereka yang dirawat.

Di tempat-tempat seperti itu, wajah-wajah khawatir adalah pemandangan yang umum di kalangan pria Arab.

Mohammed Darbah (12) dari Rafah di Jalur Gaza mulai menjalani sesi kemoterapi untuk penyakit leukemia. Ibunya, Wafa, berdiri di sisinya di bangsal anak.

“Dia menjadi lebih baik sejak dia mulai datang ke sini,” kata Wafa kepada The National.

Namun, pengobatan Mohammed berlangsung di bawah bayang-bayang pemotongan dana bantuan dari (AS). Rumah sakit ini kemungkinan akan terkena keputusan Presiden AS Donald Trump yang memotong US$ 25 juta dana untuk RS Augusta Victoria dan lima rumah sakit lainnya di Al-Quds.

Meskipun ada upaya untuk menjaga semangat anak-anak, orang tua, petugas medis dan perawat sangat khawatir tentang bagaimana perawatan anak-anak dapat terpengaruh.

Penghentian dana bagian dari hukuman AS atas kepemimpinan Palestina karena menuding AS tidak lagi sebagai perantara yang jujur ​​untuk pembicaraan damai dengan Israel.

Hukuman itu menyentuh kelompok paling rentan, yaitu mereka yang bergulat dengan penyakit yang mengancam jiwa.

Mohemmed adalah satu di antara banyak pasien yang terancam oleh pemotongan dana tersebut.

Duduk di meja terdekat adalah dua anak berusia 12 tahun lainnya, mereka terhubung ke kemoterapi intravena sementara mereka melukis gambar tokoh super hero Spiderman. Di aula, dua badut berhidung merah berbicara dengan riang kepada para pasien muda. Mereka menyanyi dan menggambar senyuman anak-anak kecil yang menerima perawatan dialisis.

Politik pemotongan dana kesehatan menyebabkan kecemasan.

“Keputusan Amerika ini membangkitkan rasa takut,” kata Wafa Darbah.

“Ini sangat berbahaya. Biarkan Mohammed menyelesaikan perawatannya sehingga dia bisa melanjutkan hidupnya dengan normal, bebas, kembali ke sekolahnya dan bermain dengan teman-temannya.”

Putranya adalah satu dari 800 pasien rawat inap dan pasien rawat jalan yang dirawat setiap hari di rumah sakit, yang memberikan perawatan lanjutan di luar fasilitas di Jalur Gaza dan Tepi Barat yang lebih sederhana.

Dua badut menghibur pasien Shaheed Siam (11 tahun) dari Ramallah yang sedang dirawat di Rumah Sakit Augusta Victoria di Yerusalem Timur. (Foto: Heidi Levine/The National)

Basma Khoury (58), mantan manajer proyek Program Pembangunan PBB dari Ramallah, yang dirawat karena kanker payudara yang menyebar ke tulang belakangnya, tersentak oleh tindakan administrasi Trump.

“Saya khawatir saya akan terpengaruh. Ini sangat tidak adil dari pandangan manusia. AS mencoba menekan PA (Otoritas Palestina), tetapi pasien kanker tidak bertanggung jawab atas politik,” katanya.

Ketahanan Khoury sangat jelas, dia telah berjuang melawan kanker sejak 1997.

Dia telah menjalani perawatan kemoterapinya beberapa kali dan membutuhkan banyak morfin.

“Kemoterapi semacam ini menyebabkan banyak nyeri tulang, nyeri sendi, dan kelelahan. Saya selalu mengalami kram di usus. Satu pengobatan menyebabkan satu pekan menderita,” katanya

Dia harus berhenti bekerja tiga tahun lalu.

“Saya mencapai titik di mana saya tidak bisa berdiri di atas kaki saya. Saya sangat menderita. Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit membuat saya mengantuk dan jadi saya tidak ada di sana,” katanya.

Namun, dengan tidak adanya jaring pengaman kesejahteraan di wilayah Otorita Palestina, Khoury terpaksa mengandalkan dukungan dari kerabatnya.

Fasilitas untuk perawatannya tidak tersedia di tempat lain di Tepi Barat yang diduduki. Augusta Victoria adalah satu-satunya tempat perawatan yang layak. Dia tidak mampu membayar di rumah sakit Israel atau bepergian ke Yordania yang sangat sulit.

“Ini sangat menegangkan. Ketika Anda sakit, Anda memiliki banyak ketidakpastian. Menjadi pasien kanker berarti ketidakpastian. Anda akan mendapat perawatan, adalah jenis ketidakpastian lain,” tambahnya.

Seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan pada Reuters pada Sabtu, 8 September 2018, kesehatan orang Palestina semacam itu tidak layak dipertahankan dalam pandangan AS. Menurutnya, uang yang ditahan dari rumah sakit akan dialihkan ke “proyek prioritas tinggi di tempat lain.”

Gedung Putih memerintahkan peninjauan dana AS untuk Palestina setelah Presiden Mahmoud Abbas memutuskan memboikot pejabat AS, setelah keputusan Washington yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memindahkan kedutaan dari Tel Aviv ke kota suci tiga agama itu.

Dalam beberapa pekan terakhir, AS menarik US$ 200 juta bantuan kepada Otoritas Palestina dan memotong semua pendanaan AS untuk badan PBB yang bertanggung jawab atas pengungsi Palestina, UNRWA.

Namun para pemimpin Palestina mengatakan, mereka tidak akan menyerah dan tidak akan kembali ke pembicaraan damai di bawah naungan AS.

Seberapa jauh dan cepat situasi rumah sakit akan memburuk.

Otoritas Palestina telah berjanji untuk masuk dan menutupi kekurangan US$ 25 juta.

“Mudah-mudahan jangka pendek akan dikelola oleh dana tambahan dari anggaran nasional,” kata Walid Nammour, Kepala Eksekutif Rumah Sakit Augusta Victoria dan Sekretaris Jaringan Rumah Sakit Yerusalem Timur.

Seperempat anggaran rumah sakit sebelumnya disediakan oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat.

Namun, gambaran itu suram, menurut Dokter untuk Hak Asasi Manusia Israel, sebuah organisasi Israel yang membantu warga Palestina dengan perawatan kesehatan, mengingat bahwa PA sudah berutang banyak uang kepada rumah sakit.

Timur telah mengalami kesulitan keuangan untuk beberapa waktu dan menutup keran dapat menyebabkan keruntuhan total mereka,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Seorang dokter yang merawat Mohammed Darbah, yang meminta namanya tidak disebutkan, mengatakan tentang anak-anak yang dirawat.

“Dia membaik tetapi dia masih membutuhkan banyak kemoterapi berat yang sangat melelahkan dan sangat berisiko. Dalam ronde mendatang dia akan membutuhkan darah dan trombosit. Dia menyelesaikan bagian yang mudah dan bagian yang sulit sedang dalam perjalanan.”

Dokter yang sama mengatakan tentang pemotongan dana oleh AS. “Saya khawatir bahwa pada satu titik itu akan mempengaruhi kualitas pengobatan. Pada titik tertentu, kami akan menghadapi kesulitan dengan pilihan diagnostik dan pengobatan kami.”

“Ini seperti pemerasan. Memalukan bahwa Anda memeras anak-anak melalui perlakuan mereka,” katanya. (AT/RI-1/P2)

 

Sumber: The National

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.