Pemprov Jambi Laksanakan Upacara Peringatan Hari Bulan K3

Wakil Gubernur H Fachrori Umar saat membacakan amanat dari Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri. (Foto: Jurnal Opini /Jambicenter.com)

Jambi, 12 Jumadil Awwal 1438/9 Februari 2017 (MINA) – Pemerintah Provinsi Jambi melaksanakan upacara peringatan Hari Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2017, di lapangan bola kaki Pertamina EP Jambi, Kamis (9/2).

Upacara kali ini sekaligus merupakan pernyataan dimulainya Bulan K3 yang dilaksanakan serentak di seluruh tanah air setiap tanggal 12 Januari, dengan mengusung tema ‘Dengan Budaya K3 Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia yang Selamat, Sehat, dan Produktif Menuju Jambi Tuntas 2021’.

Tema ini dinilai sangat tepat dan strategis untuk mendorong semua pihak berpartisipasi aktif membudayakan K3 yang diharapkan menjadi bagian integral dalam pembangunan nasional untuk meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

Peringatan ini dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar dengan membacakan amanat dari Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri.

Dalam sambutan tertulis Menteri Ketenagakerjaan RI M. Hanif Dhakiri mengatakan, Pemerintah terus menerus meningkatkan program pembangunan dengan memperluas kesempatan kerja yang pada akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat.

“Program pembangunan tersebut tentunya harus didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan setiap pelaksanaan pembangunan harus menjamin keselamatan dan kesehatan kerja (K3),” ungkapnya.

Disamping itu, tujuan K3 tidak hanya untuk memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja agar terjamin keselamatannya, tetapi juga untuk mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset, dan sumber produksi sehingga dapat digunakan secara aman dan efisien agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

“Tujuan perlindungan K3 tersebut dapat terlaksana apabila seluruh unsur yang terdapat di perusahaan baik pihak manajemen perusahaan, Serikat Pekerja/Serikat Buruh, dan tenaga kerja atau buruh bersama sama berkomitmen melaksanakan upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja,” tegasnya.

Diakhir sambutan tertulisnya, Menteri Ketenagakerjaan menghimbau, mengajak, dan mendorong agar semua pemangku kepentingan, Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Perguruan Tinggi, organisasi profesi, asosiasi, pimpinann perusahaan, pekerja, dan masyarakat lainnya, melakukan upaya-upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 di lingkungannya masing-masing. Sehingga budaya K3 benar-benar terwujud disetiap tempat kerja dan masyarakat umum di seluruh tanah air.

Selain , hadir pula dalam upacara tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jambi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), serta para tamu undangan. (L/R09/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.