Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemprov Sulteng Minta KBRI Kairo Promosikan Produk Unggulannya di Mesir

sajadi - Selasa, 29 November 2022 - 08:32 WIB

Selasa, 29 November 2022 - 08:32 WIB

2 Views

Kairo, MINA – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) bersama Kedutaan Besar RI (KBRI) Kairo sepakat menjajaki upaya terobosan dalam promosi dan penetrasi pasar produk unggulan Sulteng ke Mesir.

Dalam rilis KBRI Kairo yang diterima MINA, Selasa (29/11), hal tersebut disepakati dalam pertemuan antara Atase Perdagangan KBRI Kairo, Irman Adi Purwanto Moefthi dan Delegasi Pemprov Sulawesi Tengah yang dipimpin Dr. Andi Rully Djanggola, Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air (Cikasda) di KBRI Kairo.

Dalam pertemuan itu, Andi Rully menuturkan, salah satu misi Gubernur Sulteng adalah peningkatan kesejahtaraan petani melalui pemasaran produk unggulan Sulteng, antara lain kopi, coklat, durian, jagung dan produk lainnya yang membutuhkan jaringan pemasaran international.

Selain itu terkait peningkatan capacity building Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov, diharapkan Mesir dapat menjadi mitra strategis bagi Sulawesi Tengah. Andi Rully juga menambahkan, pihaknya telah bertemu dengan pelajar dan mahasiswa Indonesia asal Sulteng yang berjumlah 55 pelajar dan memiliki potensi yang sangat besar untuk mengabdi di daerah, baik itu di bidang literasi, wirausaha dan birokrasi.

Baca Juga: Sebanyak 1.562 Peserta Lulus Uji Kompetensi Calon Mahasiswa Al Azhar Mesir

Atase Perdagangan KBRI Kairo menyambut positif misi yang dibangun Gubernur Sulawesi Tengah khususnya untuk akses pasar produk unggulan Sulteng ke pasar Mesir. Selain itu terkait kerjasama Capacity building dapat dijajaki dengan Mesir.

Beberapa waktu lalu Indonesia memberikan pelatihan pengolahan eceng gondok yang tersebar di sungai Nil menjadi produk kerajinan bernilai tambah. KBRI juga memberikan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) hal ini sangat memberi manfaat bagi warga Mesir.

Terkait potensi pelajar dan mahasiswa Indonesia di Mesir, selain banyak berkarya dengan menulis buku sesuai kepakarannya, juga ada yang mengasah diri sebagai wirausaha muda dan kuliner nusantara, ada 25 warung makan ala lesehan, ada lebih 15 toko kelontong yang dapat ditemui di kota Kairo. Selain itu ada juga yang menjadi perwakilan atau fasilitator produk Indonesia. (R/RE1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Prof Asrorun Niam: Tujuan Fatwa untuk Kemaslahatan Hakiki

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia