Pencanangan Sulawesi Tengah sebagai Negeri Seribu Megalit

Palu, MINA – Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin mendukung pencanangan sebagai Negeri Seribu . Ia berharap hal ini dapat membawa kebaikan tidak hanya bagi masyarakat setempat, tapi juga bagi bangsa Indonesia.

“Akhirnya, dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, Pembukaan Rakornas Afirmasi Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Tahun 2023, sekaligus Pencanangan Provinsi Sulawesi Tengah sebagai Negeri Seribu Megalit, saya nyatakan diresmikan. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan ‘inayah-Nya dan meridhai setiap ikhtiar yang kita lakukan,” ujar Wapres di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (3/10).

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura memaparkan, Provinsi Sulawesi Tengah memiliki julukan sebagai Negeri Seribu Megalit.

Julukan tersebut diberikan dalam rangka mempromosikan kemegahan kawasan cagar budaya Megalitikum yang tersebar di tiga kabupaten, yakni di Lembah Napu, Lembah Behoa, dan Lembag Bada, yang ketiganya terletak di Kabupaten Poso dan Lembag Lindu di Kabupaten Sigi. Ia berharap, semoga pencanangan tersebut dapat semakin membawa kesejahteraan bagi masyarakat Sulawesi Tengah.

Baca Juga:  Bukan Heat Wave, BMKG: Peralihan Musim Penyebab Suhu Udara Jadi “Gerah”

“Harapan kami semoga pencanangan ini dapat mempercepat penetapan Kawasan Arkeologi Zaman Prasejarah Megalitikum sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Sekaligus, memberi manfaat kemajuan bagi dunia pariwisata dan investasi Sulawesi Tengah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tengah sebagai upaya untuk mewujudkan visi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yaitu Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah yang Lebih Sejahtera dan Maju,” papar Rusdy. (R/R5/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.