PENDAFTAR CALON MAHASISWA PTKIN MENINGKAT

Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin (Foto: Kemenag)
Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin (Foto: Kemenag)

Jakarta, 4 Ramadhan 1436/ 20 Juni 2015 (MINA) – Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mengatakan, animo peserta pendaftaran ujian masuk mahasiswa di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri meningkat secara signifikan, diikuti 77.224 pendaftar di 55 .

“Jumlah pendaftar tahun 2015 naik sekitar 10 persen dibandingkan tahun 2014,” kata Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin dalam jumpa pers di Jakarta,  didampingi Direktur Pendidikan Tinggi Islam Amsal Bachtiar dan Sesditjen Pendis Ishom Yusqi. Demikian keterangan dari Kementerian Agama, Sabtu.

Dijadwalkan, UM PTKIN berlangsung 23-24 Juni nanti. UM PTKIN adalah salah satu masuk ke PTKIN, selain (seleksi prestasi akademik nasional-PTKIN, SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) yang dilaksanakan bersama Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi, serta ujian masuk mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing PTKIN.

Menurut kamaruddin, peningkatan jumlah pendaftar UM PTKIN, menunjukkan kampus perguruan Islam negeri bukan lagi perguruan tinggi kelas dua, tapi sudah menjadi pilihan utama.

Ia mengatakan, posisi perguruan tinggi Islam di Indonesia sangat strategis dalam mengembangkan demokrasi, toleransi, merajut persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjaga keutuhan . Saat ini jumlah kampus Islam negeri dan swasta berjumlah 684 lembaga.

“Peran PTKI sangat urgent dalam mewujudkan Islam moderat di Indonesia dan tentunya akan berkontribusi positif bagi pertumbuhan demokrasi dunia,” ujar Kamaruddin.

Sementara Direktur Pendidikan Tinggi Islam (Dirdiktis) Amsal Bachtiar menyampaikan, UM PTKIN tidak hanya dimaksudkan untuk menjaring mahasiswa baru, tapi dapat nenjadi piranti pengikat bagi pimpinan PTKIN dalam merajut NKRI.

“Juga bagi Kementerian Agama, data seleksi mahasiswa baru ini dapat dijadikan sebagai dasar dalam menentukan kebijakan lebih lanjut untuk penguatan kelembagaan PTKIN,” jelas Amsal. (T/P010/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0