Pengamat Haji: Haji Tahun Ini Jadi Pembelajaran Kondisi Covid-19 Normal

Jakarta, MINA – dari UIN Syarif Hidayatullah Ade Marfuddin mengatakan, pelaksanaan haji tahun 1442 H menjadi pembelajaran bagi pelaksanaan haji dalam kondisi Covid normal.

“Kita melihat ini hal positif. Ini adalah pembelajaran untuk siapapun.  Artinya ini, kita tidak tahu sampai kapan covid ini akan berakhir,” kata Ade dalam Webinar MINATalks dengan tema “Catatan Ibadah Haji 1442 H”, yang diadakan Kantor  Berita MINA,  Rabu (28/7) malam.

Ade mengatakan, pelaksanaan ibadah haji tahun ini dapat terlaksana berkat perhatian Arab Saudi terhadap dunia muslim, khususnya kaum muslim yang ada di Saudi.

“Alhamdulillah dalam kondisi yang belum normal, haji masih bisa dilaksanakan dengan protokol yang sangat ketat, dan itu patut kita apresiasi,” ujarnya.

Menurutnya, dengan jumlah jamaah haji yang terbatas membuat pemerintah Saudi sangat ketat memastikan protokol kesehatan, dan keamanan yang sangat diperhatikan.

“Karena memelihara nyawa manusia jauh lebih penting dibanding kewajiban ibadahnya sendiri,” kata Ade.

Ia menambahkan, perlunya mempersiapkan navigasi haji. Pada kondisi Covid-19 ini, navigasi ibadah haji menjadi penting, navigasi ibadah umroh jadi penting, karena hal ini berbeda dengan ketika normal.

“Otomatis seperti yang Pak Konjen katakan, kalau ini masih dipake, anggaplah kita masih memakai sistem navigasi panduan haji yang sesuai protokol covid, tentu ada pembaharuan dari sisi manasik haji. Karena misalnya harus mengurangi kerumunan orang, membatasi waktu untuk berkumpul, dan sebagainya,” ujar Ade.

Juga hadir sebagai narasumber dalam Webinar MINATalks ini: Eko Hartono, Konsul Jenderal RI Jeddah, Arab Saudi; dan Imaam Yakhsyallah Mansur, Dosen Sekolah Tinggi Shuffah Al-Qur’an Abdullah bin Mas’ud.

Webinar dibuka oleh Rifa Berlian Arifin atas nama Pimpinan MINA, sedangkan host adalah Rana Setiawan (Koordinator Liputan MINA) dan Sri Astuti (Wakil Koordinator Liputan MINA) sebagai Moderator.

MINA Talks merupakan program utama rutin Kantor Berita MINA yang disiarkan secara langsung di saluran resmi Youtube MINANEWS TV menghadirkan narasumber-narasumber kompeten dengan mengangkat topik  terkini mengenai isu dunia Islam, Palestina dan lain-lain. (L/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.