Pengamat Ingatkan Lembaga Didik Tidak Gelar Acara Foya-Foya

Pengamat pendidikan dan dosen STAI Al-Fatah Cileungsi, Kabupaten Bogor Agus Priyono. (Foto: Rudi/MINA)

Bogor, MINA – Pengamat pendidikan Agus Priyono mengingatkan lembaga-lembaga pendidikan sebaiknya tidak melakukan kegiatan atau membuat acara di luar sekolah yang bersifat konsumtif dan foya-foya.

Nasihat itu Agus sampaikan kepada pada Senin (13/5), mengomentari maraknya lembaga pendidikan mengadakan acara kelulusan di luar sekolah yang mengandung risiko.

“Lembaga pendidikan jangan melakukan pendidikan atau membuat acara di luar kelas (sekolah) yang bersifat konsumtif dan foya-foya,” kata dosen di Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Fatah tersebut.

Magister Sains yang terjun di dunia pendidikan ini mengatakan, kegiatan siswa di luar sekolah sebaiknya tetap di lingkungan sekolah, tidak jauh-jauh dan yang bernilai edukatif.

Baca Juga:  Presiden Setujui Pemekaran Tiga Kabupaten di Lampung

“Kalau kegiatan siswa atau santri jauh-jauh, banyak risiko di jalan. Belum lagi dari segi biaya, banyak orangtua yang sebetulnya keberatan membiayai acara anaknya jauh-jauh,” tambahnya.

Ia juga mengingatkan, jasa kendaraan agar lebih ketat mengontrol kelayakan armada bus pariwisata maupun bus umum untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

“Selain itu aspek hukum harus ditegakkan keadilan, untuk menimbulkan efek jera terhadap pelanggar aturan transportasi, baik pemilik kendaraan maupun awak bus yang terlibat dalam kecelakaan,” katanya. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik