Pengembangan Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin Selesai Tahun 2019

Bandara Syamsudin Noor . (Foto: Arief Rahman Saan)

Banjarmasin – 9 Jumadil Awwal 1438/6 Februari 2017 (MINA) –  Budi Karya Sumadi mengatakan pengembangan Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin akan dimulai pada Maret 2017 dan akan selesai pada awal 2019. Ia sangat mendukung pembangunan bandara untuk menjadikan Banjarmasin menjadi kota yang lebih maju.

“Banjarmasin kota yang luar biasa. Masyarakatnya sangat dinamis. Untuk itu kita ingin masyarakat Banjarmasin maju,” ujarnya dalam kunjungan kerja ke Banjarmasin, Ahad (5/2) lalu.

Turut mendampingi Menhub Budi adalah Sekda Provinsi Kalimantan Selatan Abdul Harris Makkie, GM Angkasa Pura I Banjarmasin Handy Heryudithiawan, dan Kepala Proyek Pembangunan Bandara Baru Ir. Touchid.

Ia menambahkan, Saat ini pergerakan penumpang di bandara Syamsuddin Noor sudah mencapai 3,5 juta penumpang pertahunnya. Sementara kapasitas terminal seluas 9.043 m2 tersebut hanya mampu menampung hingga 1 juta penumpang pertahunnya. Sementara panjang runway baru sepanjang 2500 x 45 meter persegi, dan appron yang mampu menampung hanya 12 pesawat saja.

“Menjadi kewajiban negara melalui PT Angkasa Pura I untuk menghadirkan bandara yang bisa melayani masyarakat dengan baik. Biasanya kalau bandara diperbesar, penumpang akan meningkat dan daerah di sini maju,” ujar Budi.

Menurut laman resmi Kementerian Perhubungan, pembangunan tahap I direncanakan akan dimulai pada Maret 2017 dengan melakukan pembangunan perluasan terminal menjadi 50.359 meter persegi yang dapat menampung hingga 6 juta penumpang pertahunnya. Selain itu, perpanjangan runway hingga 3000×45 meter persegi, dan perluasan appron berkapasitas hingga 18 pesawat.

Tidak hanya itu, perluasaan terminal kargo juga dilakukan menjadi seluas 5.000 meter persegi, karena kondisi sekarang ini hanya seluas 802 meter persegi dan tidak bisa mengantisipasi pergerakan barang yang terus meningkat dengan rata-rata peningkatan 10 persen per tahunnya.

Pembangunan akan terus dilakukan hingga tahap empat yaitu pada tahun 2047. Pada tahun tersebut, ditargetkan sudah memiliki terminal penumpang seluas 103.953 meter persegi yang dapat menampung hingga 12 juta penumpang pertahunnya. (T/R08/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.