Pengusaha Cargo Salurkan Bantuan Bencana Jasinga dan Lebak

Bogor, MINA – Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara (IPCN) bekerja sama dengan Wahana Muda Indonesia Care (WMI) salurkan bantuan untuk korban bencana di kawasan terdampak bencana tanah longsor dan gempa di kecamatan Jasinga, Bogor Barat dan Kabupaten Lebak, Banten.

“Minimnya bantuan yang masuk ke daerah-daerah terisolir bencana tanah longsor dan gempa di Jasinga, Bogor Barat dan Kabupaten Lebak, Banten tersebut, membuat para pengungsi mengalami kondisi yang memprihatinkan. Bahkan di sebagian desa Cileuksa kecamatan Sukajaya, Bogor, para korban pengungsi alami kelaparan,” kata Ketua IPCN, Beni Syarifudin dalam keterangan tertulis diterima MINA, Kamis (16/1).

Ia mengatakan, dengan kondisi yang memprihatinkan ini membuat banyak pihak tergerak untuk mengumpulkan bantuan untuk para korban bencana banjir bandang dan tanah longsor. “Salah satunya seperti yang dilakukan IPCN,” katanya.

Sejak awal IPCN telah mengirimkan bantuan bencana alam bersama Wahana Muda Indonesia Care di kawasan Jabodetabek. Untuk kawasan Bogor dan Lebak IPCN menyiapkan bantuan 2 truk diantara 1 mobil Truk penuh berisi air minum kemasan (air mineral) kurang lebih 300 dus; 1 Truk lagi berisi makanan siap santap 1000 porsi, snack 300 paket, obat-obatan, perlengkapan bayi, perlengkapan shalat, karpet, bantuan masjid dan bantuan evakuasi. Dengan total nilai bantuan sebesar kurang lebih Rp.161 juta.

Beni menjelaskan, bahwa bantuan yang diberikan IPCN adalah donasi dari seluruh anggota IPCN yang tersebar di seluruh Indonesia.  “Sejak bencana gempa di Lombok, gempa dan tsunami di Pasigala, Banten, juga termasuk bencana kabut asap di Sumatera, IPCN memberikan layanan kargo gratis kepada lembaga-lembaga kemanusiaan yang mengirimkan logistik ke wilayah bencana”, ujar Beni.

Benny menambahkan, IPCN berkomitmen untuk turut berempati terhadap musibah yang menimpa saudara-saudara di seluruh Nusantara. “Kami menyadari lembaga-lembaga kemanusiaan dalam mengirimkan logistik ke wilayah bencana, selain masalah jalur transportasinya juga masalah biaya cukup besar. Di sinilah IPCN memainkan perannya sebagai komunitas pengusaha kargo yang memiliki jejaring nasional”, tutur Beni.

Dengan bantuan yang dikirim ini, Beni berharap banyak bisa meringankan beban penderitaan para korban bencana banjir bandang dan tanah longsor yang saat ini masih bertahan di lokasi-lokasi pengungsian darurat dengan kondisi seadanya.

“Semoga bantuan kemanusiaan ini dapat menginspirasi khususnya para pengusaha untuk tergerak bergabung membantu para korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di wilayah Bogor Barat dan Kabupaten Lebak, Banten,” kata Beni. (R/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)