Pentagon: Drone AS bunuh Komandan Senior Al-Shabaab

California, 25 Sya’ban 1437/2 Juni 2016 (MINA) – Juru Bicara Pentagon Peter Cook pada Rabu (1/6) mengatakan, seorang komandan militer senior kelompok Al-Qaeda Somalia, Al-Shabab yang bernama Abdullahi Haji Da’ud, diduga tewas oleh serangan drone Amerika Serikat pada Jumat (27/5) pekan lalu.

“Da’ud adalah salah satu perencana militer Al-Shabab yang paling senior dan menjabat sebagai koordinator utama serangan di Somalia, Kenya, dan Uganda,” kata Cook kepada wartawan di San Diego, California.

Namun Cook menambahkan bahwa AS masih menilai hasil serangan tersebut, demikian Al-Jazeera memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pejuang Al-Shabab telah diusir dari Mogadishu, Somalia pada 2011, tetapi kelompok itu tetap menjadi ancaman berbahaya.

Baca Juga:  13 Negara Surati Israel untuk Hentikan Agresi ke Rafah

Pada Rabu itu juga, pejuang kelompok bersenjata itu melancarkan serangan bunuh diri di ibukota Somalia, menewaskan sedikitnya 15 orang.

Sementara dalam operasi di Somalia Selatan, seorang komandan yang diyakini telah mendalangi serangan mematikan di Universitas Garissa Kenya, telah tewas.

Pejabat pasukan keamanan lokal di kota pesisir Kismayo, Somalia, mengumumkan bahwa Mohamed Mohamud Ali, terduga arsitek seerangan di Garissa, telah tewas pada Selasa malam.

Serangan April 2015 di Universitas Garissa, 365 km timur laut dari ibukota Kenya Nairobi, menewaskan 148 orang, 142 dari mereka adalah mahasiswa. (T/P001/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan