Pentagon Katakan Tidak Ada Indikasi Rusia Berencana Gunakan Senjata Nuklir

Washington, MINA – Pentagon mengatakan tidak ada indikasi bahwa Rusia sedang bersiap untuk menggunakan , setelah Moskow mengumumkan akan menempatkan senjata nuklir taktis di Belarus.

“Kami telah melihat laporan pengumuman Rusia dan akan terus memantau situasi ini,” kata kantor pers Departemen Pertahanan AS dalam pernyataan tertulis, Sabtu (25/3/2023), Al Mayadeen melaporkan.

“Kami belum melihat alasan untuk menyesuaikan postur nuklir strategis kami sendiri atau indikasi apa pun bahwa Rusia sedang bersiap untuk menggunakan senjata nuklir. Kami tetap berkomitmen untuk pertahanan kolektif aliansi NATO,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa negaranya telah mencapai kesepakatan dengan negara tetangga Belarus untuk menempatkan senjata nuklir taktis di wilayahnya.

Putin berjanji bahwa Rusia tidak akan melanggar perjanjian non-proliferasi.

Kantor berita TASS mengutip Putin yang mengatakan bahwa Rusia akan menempatkan beberapa senjata nuklir taktisnya di Belarusia dan telah mengerahkan 10 pesawat berkemampuan nuklir di negara tetangga tersebut.

Presiden Rusia mengatakan bahwa pada 1 Juli, Rusia akan menyelesaikan pembangunan fasilitas di Belarus untuk menyimpan senjata nuklir taktis, tetapi kendali senjata tidak akan dialihkan ke Minsk. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.