Penyanyi Mesir Dipenjara Karena Becanda Soal Sungai Nil

Sherine Abdel-Wahab. Foto: AFP/BBC

Kairo, MINA – Pengadilan Kairo baru-baru ini memvonis penyanyi terkemuka Sherine Abdel-Wahab dengan hukuman enam bulan penjara dengan dakwaan “menyinggung Mesir.”

Kesalahan Sherine cuma satu, karena dia mengatakan jika meminum air minum dari sungai Nil maka akan membuat  sakit.
Dalam sebuah konser di Uni Emirat Arab pada 2016, seorang penonton berteriak meminta Sherine menyanyikan lagu miliknya yang berjudul, “Kalian sudah mabuk dari Nil?”
Menyambut teriakan penontonnya dengan candaan, Sherine menjawab, “Jangan, Kalian akan terkena Bilharzia (parasit), minum air Evian, lebih baik!”
Video lama itu menjadi viral akhir-akhir ini setelah banyak yang menonton dan membagikannya di media sosial masyarakat Mesir.
Jaksa Penuntut Umum menyebut apa yang dilakukan Sherine telah menyakiti Mesir dan harga dirinya.
Tidak lama, Sherine yang tidak hadir dalam vonis itu meminta maaf di akun Facebook miliknya.
Meskipun bercana, namun Bilharzia, atau dikenal dengan Schistosomiasis, adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing parasit. Hal ini dapat ditularkan melalui minum atau terpapar air yang terkontaminasi. Jenis parasit ini memang dikenal ada di kandungan air sungai Nil.
Pemerintah Mesir telah mengembangkan rencana dengan Organisasi Kesehatan Dunia untuk memusnahkan Bilharzia dari perairannya, termasuk melalui berbagai program pengobatan.(T/RE1/P1)’
Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.