Peraih Nobel Malala Cari 1,4 Miliar Dolar untuk Didik Anak Pengungsi Suriah

Malala Yousafzai memberikan pidato saat ia mengungkapkan potret resminya oleh seniman Nasser Azam di Barber Institute Of Fine Art pada 29 November 2015 di Birmingham, Inggris, (dok. TIME)
Malala Yousafzai (dok. TIME)

London, 22 Rabi’ul Akhir 1437/ 1 Februari 2016 (MINA) – Pemenang Nobel Malala Yousafzai pada Ahad (31/1) mendesak para pemimpin dunia untuk menyisihkan dana total senilai 1,4 miliar dolar AS tahun ini untuk mendidik anak-anak pengungsi Suriah.

Aktivis pendidikan Pakistan 18 tahun itu mengatakan bahwa ia menyeru para kepala negara, pemerintahan dan menteri dari negara-negara di seluruh dunia dalam konferensi di London, Kamis (28/1), demikian Time dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Tujuan gerakan adalah untuk mengumpulkan dana bagi krisis kemanusiaan yang disebabkan oleh perang Suriah.

“Saya telah bertemu dengan begitu banyak anak-anak pengungsi Suriah, mereka masih dalam pikiran saya. Saya tidak bisa melupakan mereka. Anggapan mereka tidak bisa sekolah di seumur  hidupnya benar-benar mengejutkan dan saya tidak bisa menerimanya,” kata Malala.

Baca Juga:  Banjir Kembali Melanda Afghanistan, 50 Orang Tewas

“Kami masih dapat membantu mereka, kita masih bisa melindungi mereka. Mereka belum kalah, Mereka membutuhkan sekolah. Mereka membutuhkan buku. Mereka membutuhkan guru. Ini adalah cara kita untuk melindungi masa depan Suriah, “tambahnya.

Sebelumnya tahun 2012 ia pernah ditembak di bagian kepalanya oleh seorang pria bersenjata Taliban di bus sekolahnya. Kemudian ia menekuni dunia advokasi perlindungan untuk pendidikan. Ia menjadi pemenang termuda Hadiah Nobel Perdamaian tahun 2014. (T/hna/P4).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)