PERINGATI KAA, PEMKOT BANDUNG DAN KEMENPAR ADAKAN KONSER ANGKLUNG TERBESAR DI DUNIA 

Para pemanin Angklung yang didominasi oleh anak-anak (Foto:BamboeIndonesia)
Para pemanin Angklung yang didominasi oleh anak-anak (Foto:BamboeIndonesia)

Jakarta, 2 Rajab 1436/ 20 April 2015 (MINA) – Kemeriahan peringatan Konferensi Asia-Afrika () yang ke-60 menjadi ajang promosi wisata Indonesia kepada dunia, salah satunya konser angklung terbesar di dunia yang akan dilaksanakan pada Sabtu (25/4) di Stadion Siliwangi, .

Kegiatan yang bertajuk, Angklung for The World!  tersebut diinisiasi oleh Pemerintah Bandung dan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang akan melibatkan sekitar 20.000 orang.

“Mereka akan menenteng alat musik khas Sunda tersebut, dan memainkan beberapa lagu secara bersama-sama,” kata Arief Yahya, dalam siaran Pres yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Arief Yahya mengatakan, pagelaran berbasis budaya lokal yang mendunia itu, akan memikat perhatian public, baik dari wisman (wisatawan mancanegara) maupun wisnus (wisatawan nusatara).

“Tentu, jumlah ini sudah melewati rekor main angklung kolosal di New York (hanya 5.000 orang), dan Beijing (10.000 orang),” kata Arief Yahya.

Ia juga mengatakan, konser angklung terbesar di dunia tersebut akan dicatatkan oleh Guiness Book of Record.

“Semua akan mengenakan kaus , dan angklungnya akan di branding Wonderful Indonesia. Even ini disorot media, diabadikan fotografer dari berbagai negara, dan diambil ribuan kamera handphone. Mungkin akan menjadi pic BB puluhan ribu orang, sehingga awareness akan semakin kuat melekat,” kata Menteri Pariwisata RI.

Sejak November 2010, Angklung adalah alat musik tradisional Jawa Barat yang sudah terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO.

Khusus side event KAA yang mempromosikan pariwisata antara lain adalah kegiatan  famtrip akan diikuti para bloggers dari negara-negara pasar pariwisata Indonesia dengan mengunjungi obyek-obyek wisata di sekitar Bandung ;  kontes instagram foto dan  21st JCI Asia Pacific Senate Golf Invitational.

Invitasi golf  telah berlangsung di Hotel Sultan Jakarta pada 22-24 Maret 2015 diikuti  sekitar 300 peserta antara lain anggota senator JCI dari kawasan Asia Pacific, kedubes negara sahabat, serta  undangan peserta dari Afrika. (T/P010/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0