PERISTIWA PENTING SEPUTAR EKONOMI SYARIAH SEPANJANG 2015

keuangan islamJanuari

10 Januari – Ketua Pelaksana Dewan Syariah Nasional, Majelis Ulama Indonesia  (DSN MUI), KH Ma’ruf Amin menyatakan bahwa potensi Indonesia untuk menjadi pusat ekonomi syariah dunia semakin besar.

22 Januari – Ketua Eksekutif Aliansi untuk Islamic Finance (FAAIF) di Perancis, Camille Silla Paldi meminta pemerintah Prancis mengeluarkan aturan guna berkembangnya perbankan syariah.

Februari

4 Februari — Bank Indonesia (BI) membantu pengembangan bisnis syariah di lingkungan pondok pesantren dalam upaya mewujudkan kemandirian ekonomi lembaga pendidikan Islam yang tersebar di berbagai daerah di Tanah Air itu.

Maret

24 Maret – Mahasiswa STEI Tazkia raih Juara 2 Olimpiade Ekonomi Islam di Temilnas 2015 Sementara Juara 1 di raih Universitas Gaja Mada (UGM), Yogyakarta dan sebagai juara 3 di sabet Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

April

3 April – Dewan Syariah Nasional, Majelis Ulama Indonesia  (DSN MUI) menerbitkan Fatwa tentang Transaksi Lindung Nilai Syariah atas Nilai Tukar.

14 April – PemerintaH Indonesia melalui Kementerian keuangan menggagas Bank Infrastruktur Syariah atau Islamic Investment Infrastructure Bank yang berbasis sukuk pertama di dunia.

19 April – Dua bank Qatar dan broker China Southwest Securities menandatangani nota kesepahaman untuk mendirikan sebuah perusahaan yang menangani transaksi ekonomi syariah di China.

26 April – Pondok Pesantren (Ponpes) Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah menggelar launching Pasar Ukaz berbasis syariah di Kompleks Ponpes Al-Fatah, Dusun Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan.

30 April – Wakil Presiden Republik Indonesia, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla menyebutkan sistem ekonomi syariah dapat membangun kekuatan ekonomi dunia.

Mei

13-14 Juni  – Otoritas Jasa keuangan (OJK) menyelenggarakan Pasar Rakyat Syariah 2015 sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat, agar mereka bisa memahami dan mengetahui tentang ekonomi syariah.

Juli

13 Juli – Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah menjadi bank pertama di Indonesia yang menerbitkan Kartu Haji dan Umrah untuk memberi kemudahan jamaah dalam melakukan penarikan tunai melalui ATM dan transaksi lainnnya selama berada di tanah suci.

23 Juli – Bank syariah pertama yang berpusat di Turki diresmikan di Jerman, tepatnya di kota Frankfurt, yang menawarkan jasa perbankan tidak hanya pada nasabah Muslim, tapi juga untuk seluruh lapisan masyarajkat  di negara itu.

Agustus

7 Agustus – Penggunaan sistem keuangan mikro syariah sebagai alternatif bentuk konvensional mikro-kredit berada di puncak agenda pertemuan meja bundar Forum Ekonomi Islam Dunia (WIEF) di Phnom Penh, Kamboja.

19 Agustus – Australia Crescent Wealth mengumumkan, lembaga keuangan itu mengelola lebih dari 100 Juta dolar AS dalam  investasi berbasis syariah.

26 Agustus – Pemerintah Rusia menyatakan akan mengubah peraturan keuangan untuk memungkinkan membuka peluang perbankan syariah di negaranya dalam upaya menarik dana dari negara-negara Muslim dan menghadapi resesi serta sanksi ekonomi Barat.

September

4 September – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan per Juni 2015 industri perbankan syariah memiliki total aset sebesar Rp. 273.494 Triliun dengan pangsa pasar 4,61%.

Oktober

31 Oktober – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyebutkan untuk membangun kekuatan ekonomi umat Islam, harus dengan bersama-sama mengakselerasikan kerjasama antar elemen umat.

Desember

8 Desember – Universitas Islam Indonesia (UII) resmikan galeri investasi syariah bursa efek Indonesia pertama.(L/P010/R04)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)