PERLATAN MILITER ARAB SAUDI UNTUK PERANGI PEMBERONTAK YAMAN

(Photo: Saleh Al-Obeidi/AFP)
(Photo: Saleh Al-Obeidi/AFP)

Yaman, 22 Shawwal 1436 / 7 Agustus 2015 (MINA) – Arab Saudi mengirim peralatan militer baru, termasuk tank ke Yaman untuk mendukung loyalis yang sedang memerangi pemberontak Huthi dukungan Iran, kata berbagai sumber, Kamis (6/8).

“Puluhan tank, kendaraan lapis baja, pengangkut personel dan ratusan tentara Yaman yang sudah dilatih di Arab Saudi, tiba di Yaman semalam, melalui pos perbatasan Wadia di Yaman utara,” sumber militer Yaman mengatakan kepada defensenews.com yang dikutip oleh Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Bantuan militer ini berasal dari wilayah Sharura, Arab Saudi dan dimaksudkan untuk perlawanan rakyat dan tentara nasional,” kata sumber militer lain, mengacu pada pasukan yang setia kepada Presiden Yaman, Abedrabbo Mansour Hadi, yang saat ini dalam pengasingan di Riyadh.

Baca Juga:  Banjir Kembali Melanda Afghanistan, 50 Orang Tewas

Sejak 26 Maret koalisi militer yang dipimpin Arab Saudi mendukung loyalis dengan serangan udara untuk menghentikan kemajuan pemberontak Huthi, kelompok itu tahun lalu mengambil alih ibukota Sanaa dan meluaskan kekuasaannya ke kota kedua di Yaman Selatan, Aden,  awal tahun ini.

Sumber suku mengatakan bahwa bantuan diarahkan menuju ke provinsi Marib, sebelah timur Sanaa, dan Shabwa, di tenggara, “untuk mengusir Huthi dan sekutu mereka” dari kedua provinsi ini, di mana pertempuran sengit terus berlangsung.(T/nda/P2)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Comments: 0