Perpustakaan Digital Saudi Tawarkan Akses Database Gratis Sepekan

Jeddah, MINA – Perpustakaan Digital Saudi di Kementerian Pendidikan mengumumkan peluncuran inisiatif akses gratis database selama sepekan, mulai 19 September.

Langkah tersebut untuk memperingati Hari Nasional ke-91 Kerajaan Saudi pada 23 September,  bekerja sama dengan sejumlah penerbit Arab dan asing. Arab News melaporkan, Senin (20/9).

Semua penerima manfaat layanan perpustakaan diundang untuk mengakses tautan melalui portal Perpustakaan Digital Saudi.

Perpustakaan digital telah membantu mengurangi beban anggaran universitas dan sektor pemerintah dan swasta.

Sejumlah sumber informasi digital ini telah membantu warga Saudi dan ekspatriat yang tinggal di Saudi.

Di antara inisiatif perpustakaan yang paling penting adalah proyek tesis ilmiah, proyek jurnal ilmiah, proyek perpustakaan digital untuk buku-buku Arab dan proyek perpustakaan pengetahuan untuk siswa pendidikan umum.

Selama masa pandemi Covid-19, Perpustakaan Digital Saudi berhasil meluncurkan inisiatif akses yang komprehensif dan gratis ke sejumlah database digital, bekerja sama dengan sejumlah penerbit Arab dan asing.

Menurut statistik terbaru, perpustakaan tersebut berisi 169 database internasional dan Arab yang mencakup berbagai disiplin ilmu, termasuk 450.000 buku digital, 60.000 jurnal ilmiah digital, dan 9 juta makalah penelitian dan makalah konferensi digital.

Perpustakaan juga memuat 5.224.410 tesis universitas, 3.061.669 laporan ilmiah, 7.000.000 materi multimedia yang memuat gambar ilmiah dan film dalam berbagai disiplin ilmu, serta lebih dari 12.000.000 materi ilmiah dalam aset informasi yang dimiliki perpustakaan.

Jumlah penerima manfaat dari pertemuan Informatika ini melebihi 65 entitas dan lebih dari 300 penerbit global, mengakses layanannya melalui portal di internet dalam bahasa Arab dan Inggris.

Lebih dari 1,6 juta mahasiswa dan peneliti pascasarjana juga telah memperoleh manfaat dari layanan perpustakaan digital. Termasuk 71.000 anggota fakultas di 55 universitas dan perguruan tinggi negeri dan swasta, lebih dari 180.000 beasiswa, serta 20 lembaga dan lembaga pemerintah.

Berbagai Penghargaan

Perpustakaan digital telah memenangkan beberapa penghargaan, termasuk Federasi Arab untuk Perpustakaan dan Informasi, sebuah penghargaan untuk proyek-proyek luar biasa di dunia Arab pada tahun 2010.

Penghargaan lainnya dari Konferensi Tingkat Tinggi Pengetahuan dalam sesi kelima dari Yayasan Pengetahuan Sheikh Mohammed bin Rashid 2018 untuk kontribusinya terhadap transfer dan penyebaran pengetahuan.

Perpustakaan juga memenangkan penyedia layanan informasi dan sumber daya terbaik untuk pendidikan tinggi dan pasca sekolah menengah di Pameran Global untuk Perlengkapan dan Solusi Pendidikan GESS 2019.

Inisiatif akses gratis ini mencakup database Taylor & Francis untuk jutaan artikel pers, database Science Book Gateway yang menyediakan referensi ilmiah terpercaya di beberapa bidang, dan Database Al-Manhal yang menyediakan akses ke ribuan publikasi digital dari universitas terkemuka Arab, pusat penelitian, dan komunitas ilmiah.

Database lain di perpustakaan termasuk ProQuest, Wiley, EBSCO, ACM, Springer Nature, Science Direct, IGI, Encyclopedia Britannica, OECD, database Arab terintegrasi “Marefa,” CABI, AskZad dan JOVE. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)