Pesawat Buatan Anak Bangsa, CN-235 Dibeli AD Nepal

Persiapan penerbangan Pesawat CN-235 ke Nepal (foto: Kemlu RI)

​Bandung, MINA – Indonesia berhasil menjual Pesawat CN235-220 buatan PT. Dirgantara Indonesia senilai 30,5 juta dolar Amerika Serikat (setara Rp 420 miliar) ke Nepal.

Pesawat angkut multiguna tersebut diterbangkan dari Bandung pada Rabu (30/10) dan dijadwalkan tiba di Kathmandu Nepal, Sabtu (2/11).

“Penggunaan pesawat produksi Indonesia oleh Angkata Darat (AD) Nepal ini semakin mengukuhkan kepercayaan dunia atas karya anak bangsa” ujar Elfien Goentoro, Direktur Utama , pada acara pelepasan resmi di Bandung, Rabu (30/10).

Nepal adalah negara ke-23 di dunia dan ke-2 di Asia Selatan yang menggunakan CN235 setelah Pakistan, lanjut Elfien.

Kepercayaan Nepal atas pesawat buatan PTDI semakin kuat setelah tim berkunjung ke Bandung untuk memeriksa langsung CN-235 tersebut pada September lalu. Nepal juga bermaksud memesan pesawat ke-2 dari PTDI.

Selain Nepal, PTDI tengah memproduksi sejumlah pesawat untuk beberapa negara termasuk Senegal dan Thailand.

Pembelian pesawat itu mempergunakan sistem pembiayaan melalui program dari LPEI, yaitu National Interest Account yang merupakan kebijakan Pemerintah Indonesia dalam rangka penguatan pembiayaan ekspor.

Penjualan CN-235 tersebut merupakan bagian dari usaha bersama peningkatan promosi industri strategis nasional untuk bersaing di pasar internasional sesuai arahan Presiden RI yang terus mendorong promosi dan mengawal proses negosiasi kontrak sejumlah BUMN unggulan agar diplomasi ekonomi memberikan manfaat langsung bagi negara.

Selain PTDI, sejumlah BUMN lain juga tengah melakukan sejumlah pembahasan proyek dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik dan Afrika, diantaranya PT. Waskita Karya, PT. INKA, PT. Pindad, PT. LEN, Perum Peruri, PT Pelindo II dan PT. GMF Aero Asia. (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.