Pesepakbola Kashmir Pulang Usai Sepekan Gabung Lashkar

Majid Khan. (Foto: Facebook)

, MINA – Pesepakbola Kashmir Majid Khan akhirnya pulang kembali ke lingkungan keluarganya setelah sepekan lamanya bergabung dengan kelompok pejuang bersenjata Lashkar-e-Taiba (LeT).

Teman dan kenalannya telah mengirimkan permintaan kepada Khan melalui Facebook agar dia kembali kepada keluarganya.

Khan yang berusia 22 tahun akhirnya memutuskan menyerah kepada pasukan India Riftriya Rifles 1 pada Kamis (17/11) malam. Demikian IB Times memberitakannya yang dikutip MINA.

Menurut laporan media, Khan menyerah di distrik Anantnag, Kashmir selatan dengan berbekal sebuah senapan.

Khan adalah satu-satunya pemuda Anantnag yang bergabung dengan LeT pada 10 November. Ia seorang pesepakbola dan mahasiswa perdagangan tahun kedua di Anantnag.

Dia mengumumkan di Facebook tentang bergabungnya ia dengan LeT, kelompok bersenjata Kashmir yang memperjuangkan kemerdekaan wilayah lembah itu dari pendudukan India.

Menurut polisi, kematian teman mendorong Khan untuk bergabung dengan LeT.

Sebuah laporan Indian Express menyatakan bahwa teman dekatnya sesama pesepakbola, Yawar Nissar, tewas dalam sebuah bentrokan dengan pasukan keamanan di Kashmir selatan pada Ahad pertama bulan Agustus.

Ketika Khan menyampaikan keputusannya di Facebook, beberapa orang mendukung keputusannya, tapi sebagian besar teman dan kenalannya memintanya untuk kembali ke keluarganya.

Inspektur Jenderal Kashmir Muneer Ahmad Khan mengatakan, mereka akan melakukan semua upaya agar Khan dan pemuda lokal lainnya yang telah bergabung dengan kelompok bersenjata agar kembali kepada keluarga mereka.

Kembalinya Khan tidak hanya membuat orang tuanya bahagia, tapi juga diperlakukan sebagai prestasi besar bagi polisi. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.